Home > Ragam Berita > Internasional > Lihatlah, Detik-Detik Meledaknya Satelit Milik Facebook

Lihatlah, Detik-Detik Meledaknya Satelit Milik Facebook

Florida – Proyek internet gratis bagi warga Afrika yang digagas oleh Facebook sepertinyaharus tertunda karena satelit AMOS-6 milik Facebook meledak dan hancur bersama roket pembawanya, Falcon 9 pada Kamis (1/9/2016) kemarin.

Lihatlah, Detik-Detik Meledaknya Satelit Milik Facebook

Falcon 9 yang dikembangkan oleh dan dibuat oleh Space Exploration Technologies Corporation atau lebih dikenal dengan nama SpaceX, meledak bersama AMOS-6 saat masih di darat dalam melakukan uji static fire (menyalakan pendorong tanpa meluncur) di Cape Canaveral, Florida, AS.

Menurut pihak SpaceX, penyebab meledaknya roket diduga karena anomali atau kesalahan teknis yang terjadi di unit launch pad, yakni unit penopang roket untuk meluncur.

“Roket dan beban berbayarnya (satelit yang dibawa) hilang (hancur),” begitu pernyataan SpaceX, sebagaimana dilaporkan BusinessInsider, Jumat (2/9/2016).

Sedangkan AMOS-6 sendiri merupakan satelit penyebar internet gratis milik Facebook yang menjadi bagian misi untuk menghubungkan masyarakat di Afrika dengan internet yang sudah menjadi ide Facebook dalam Internet.org.

Falcon 9 sendiri dibuat oleh SpaceX sebagai alat transportasi satelit yang dapat mendarat lagi setelah mengantarkan satelit ke orbit bumi. Sebelumnya, Falcon 9 berhasil menunjukkan hasil positif dengan meluncur dan mendarat kembali di sebuah tongkang di tengah laut.

Berikut video detik-detik meledaknya roket Falcon 9 yang telah diunggah ke YouTube:


(Samsul Arifin)

x

Check Also

Jepang Tolak Kehadiran Taksi Uber

Jepang Tolak Kehadiran Taksi Uber

Tokyo – Maraknya kendaraan berbasis online ternyata tidak dibiarkan begitu saja di negara-negara tertentu. Seperti ...