Home > Ragam Berita > Nasional > Mensesneg Berharap Indonesia Menjadi Contoh Pluralisme Dunia

Mensesneg Berharap Indonesia Menjadi Contoh Pluralisme Dunia

Koba – Indonesia dikenal dengan pluralisme. Hal tersebut terjadi karena tanah air memelihara keberagaman budaya. Menteri Sekretaris Negara Pratikno pun angka bicara mengenai hal tersebut. Dia berharap Indonesia bisa menjadi jujukan pluralisme dunia.

Mensesneg Berharap Indonesia Menjadi Contoh Pluralisme Dunia

”Indonesia telah berhasil mengelola pluralisme dan demokrasi, meskipun memiliki penduduk yang heterogen,” kata Pratikno pada Sabtu (3/9/2016).

Menurut dia, banyak negara yang dianggap gagal, karena konflik berkepanjangan seperti konflik di negara-negara Timur Tengah meski penduduknya homogen.

”Saat ini negara-negara di Eropa juga khawatir dengan pluralisme, karena dasar pembentukan negara berasal dari nasionalisme primordial yang bergantung kepada kesamaan etnis, bahasa, maupun agama,” katanya.

Dia menjelaskan, Indonesia memiliki pondasi yang kuat yaitu Bhineka Tunggal Ika dengan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman.

”Sudah saatnya bangsa ini menyumbangkan ide-ide pluralisme kepada dunia dengan menggali nilai-nilai kearifan lokal yang dimilikinya,” ujarnya.

Menurut dia, keunggulan mengelola keberagaman seharusnya memberikan peluang bagi ilmu sosial dan politik di Indonesia, untuk menjadi narator dan guru bagi pluralisme dunia.

”Namun, saat ini para akademisi ilmu sosial dan politik di Indonesia masih terjebak dalam studi prosedural seperti mendalami masalah Pilkada dan Otonomi Daerah yang secara langsung kurang bermanfaat bagi masyarakat,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Mahyudin Tegaskan Anggota Golkar Tidak Inginkan Munaslub

Mahyudin Tegaskan Anggota Golkar Tidak Inginkan Munaslub

Jakarta – Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Mahyudin mengaku, mayoritas suara dari Gerakan Muda ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis