Home > Ragam Berita > Nasional > Ikut Olimpiade Biologi, Siswi di Bandung Ini Tidak Naik Kelas Karena Dapat Nilai Nol Matematika

Ikut Olimpiade Biologi, Siswi di Bandung Ini Tidak Naik Kelas Karena Dapat Nilai Nol Matematika

Bandung – Seorang siswi SMA di Bandung yang bernama Dvijatma Puspita Rahmani harua menelan pil lahit lantaran tidak naik naik kelas karena nilai Matematika yang didapatkan di rapor adalah nol meskipun ia telah membela nama sekolah dalam mengikuti Olimpiade Biologi.

Ikut Olimpiade Biologi, Siswi di Bandung Ini Tidak Naik Kelas Karena Dapat Nilai Nol Matematika

Lantas bagaimana ceritanya seorang siswi yang membela nama sekolah hingga diberi nilai nil dalam mata pelajaran Matematika?

Kisahnya berawal saat Puspita ditunjuk oleh pihak sekolah untuk mewakili sekolah mengikuti Olimpaiade Biologi. Saat itu Puspita baru saja jatuh sakit selama dua minggu dan orang tua Puspita, Danny Daud Setiana, telah mengirimkan surat keterangan sakit ke pihak sekolah.

Menjelang Olimpiade, Puspita mengikuti pelatihan mata pelajaran Biologi di sekolah. Ia diberi keistimewaan oleh pihak sekolah untuk tidak mengikuti mata pelajaran demi mempersiapkan diri mengikuti Olimpiade Biologi di ruangan kelas lain.
Saat istirahat, Puspita bertemu dengan guru Bahasa Indonesia, dan guru ini menanyakan mengapa Puspita tidak hadir di waktu pelajarannya. Puspita kemudan memberikan penjelasan bahwa ia sedang persiapan menghadapi Olimpiade Biologi, namun guru tersebut justru menjadi marah.

“Memangnya pelajaran bahasa Indonesia tidak penting? Memang hanya pelajaran biologi saja yang penting?” kata guru bahasa Indonesia seperti dituturkan oleh orang tua Puspita, Senin (5/9/2016).

Puspita tentu saja menjadi kaget karena setahu dia dirinya telah diberi kebebasan oleh pihak sekolah untuk tidak mengikuti pelajaran di sekolah guna persiapan Olimpiade Biologi.

Ketika Olimpiade usai, Puspita kemudian menghadap ke guru Matematika untuk meminta ulangan dan tugas susulan yang selama ini ia tertinggal. Namun justu Puspita tidak diberi ulangan susulan dan langsung diberi nilai nol di apor sehingga dirinya tidak naik kelas.

“Malah tiba-tiba guru matematika ini pas diminta ulangan susulan gak pernah dikasih. Malah dia bilang awas ya kamu gak bisa melawan guru. Lalu dia kasih anak saya nilai nol di rapot. Kan berlebihan,” ucap Daud.

Sejak kejadian itu, Daud menjelaskan putrinya sangat panik. Ia juga shock serta banyak mengeluarkan kata-kata bernada pesimis.

“Anak kami berkata, apa saya ini tidak diinginkan untuk bersekolah? Apa salah saya? Katanya gitu ke saya,” tuturnya.

“Saya bilang ke dia harus selalu semangat. Saya juga memanggil psikolog untuk dia. Saya suruh dia juga untuk ngaji dan salat untuk lebih dekat dengan Allah SWT,” imbuhnya.

“Dengan pemberian nilai nol ini kan ada hal yang berlebihan. Kan gak mungkin nilai nol karena anak saya juga ngerjain tugas. Artinya ada latar belakang subjektif lah menurut pandangan kami,” tambah Daud.

Karena itu, kini Daud menyerahkan kasus yang menimpa anaknya ini ke Federasi Guru Independen Indonesia (FGGI) yang menurutnya lebih mengerti soal hukum pendidikan di Indonesia.

Sementara itu menurut Sekjen FGGI Retno Listyarti, keputusan guru matematika yang memberikan nilai nol kepada Puspita ini telah melanggar UU Tentang Perlindungan Anak karena telah melakukan kekerasan terhadap anak.

“Tidak naik kelas bagi siswa tersebut adalah termasuk dalam klasifikasi perlakuan tindakan kekerasan psikis terhadap anak yang diatur pada UU Perlindungan Anak yaitu UU Nomor 23 Tahun 2002 pasal 80 dengan ancaman hukuman penjara 3 tahun 6 bulan. Dengan adanya dugaan telah terjadi kekerasan terhadap anak maka sudah sepatutnya KPAI turun tangan melakukan pemeriksaan terhadap pelaku baik kesalahan atas nama pribadi maupun jabatan,” jelas Retno Listyarti.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Ahok Tandatangani Surat Pengunduran Diri Sebagai Gubernur DKI

Ahok Tandatangani Surat Pengunduran Diri Sebagai Gubernur DKI

Jakarta – Setelah mencabut surat permohonan banding, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) juga telah menandatangani surat ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis