Home > Ragam Berita > Internasional > Gencatan Senjata di Suriah Tidak Disepakati Menlu AS-Rusia

Gencatan Senjata di Suriah Tidak Disepakati Menlu AS-Rusia

Hangzhou – Kondisi Suriah memang memsuki tahap sangat genting. Agresi militer terus terjadi di sana. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov pun telah melakukan pembicaraan. Keduanya membahas tentang konflik yang terjadi di Suriah.

Gencatan Senjata di Suriah Tidak Disepakati Menlu AS-Rusia

Keduanya juga sama-sama bertemu di sela-sela KTT G-20 yang tengah berlangsung di Hangzhou, China. Sayangnya, pertemuan kedua Menteri Luar Negeri itu gagal mencapai kesepakatan mengenai gencatan senjata di Suriah. Perbedaan pendapat antara keduanya juga menemui jalan buntu.

Ini adalah kedua kalinya Kerry dan Lavrov tidak mencapai kesepakatan mengenai gencatan senjata di Suriah. Kegagalan pertama terjadi ketika keduanya bertemu di Jenewa, Swiss pada Jumat 26 Agustus 2016. Kerry menegaskan AS tidak mau menerima kesepakatan gencatan senjata jika pada akhirnya akan dibatalkan kembali.

Sebagaimana diberitakan Reuters pada Senin (5/9/2016), Kementerian Luar Negeri AS kali ini tidak mau menyebut faktor penyebab kegagalan tercapainya kesepakatan gencatan senjata. Kerry dan Lavrov kemungkinan besar melakukan pertemuan kembali di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York yang dimulai pada 18 September.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Rusia tidak mau mengangguk setuju kepada perjanjian gencatan senjata apa pun kecuali pasukan oposisi, yang didukung koalisi AS, dipisahkan dari cabang kelompok militan Al Qaeda di Suriah. Kedua kelompok itu disebut Rusia memiliki kesamaan ideologi. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ribut Soal Yerusalem, Israel Lancarkan Serangan Ke Hamas

Ribut Soal Yerusalem, Israel Lancarkan Serangan Ke Hamas

Gaza – Dikala dunia matanya teralihkan oleh pernyataan Donald Trump mengenai Yerusalem, pada Sabtu dini ...