Home > Ragam Berita > Nasional > Rohadi Terbukti Menerima Suap Untuk Pengaturan Vonis Hukuman Saipul Jamil

Rohadi Terbukti Menerima Suap Untuk Pengaturan Vonis Hukuman Saipul Jamil

Jakarta – Panitera pengganti di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rohadi, terbukti menerima suap dari Samsul Hidayatullah, untuk mengatur vonis hukuman terhadap Saipul Jamil yang ia atur bersama hakim Ifa Sudewi.

Rohadi Terbukti Menerima Suap Untuk Pengaturan Vonis Hukuman Saipul Jamil

Menurut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rohadi menerima uang sebesar Rp 250 juta dari Samsul yang merupakan kakak dari Saipul Jamil melalui pengacara Saipul, Berthanatalia Ruruk Kariman. KPK juga menegaskan bahwa bukti yang dipunyai Jaksa untuk menjerat Rohadi sudah cukup kuat.

“Kalau Jaksa Penuntut Umum mendakwa seperti itu berarti buktinya cukup kuat,” tegas Wakil Ketua KPK Alexander Marwata saat dikonfirmasi, Selasa (6/9/2016).

Jaksa dari KPK pada persidangan hari Senin (5/9/2016) mendakwa Rohadi menerima suap sebesar Rp 250 juta dari Kakak Saipul Jamil yang diserahkan oleh salah seorang pengacara Saipul Jamil, Berthanatalia.

Menurut Alexander, tujuan pemberian suap ini adalah untuk mempengaruhi keputusan pemberian vonis perkara percabulan yang dilakukan oleh Saipul Jamil, yang perkaranya ditangani oleh Hakim Ifa Sudewi.

Rohadi juga diketahui telah beberapa kali bertemu dengan Berthanatalia dalam kaitannya dengan pengaturan vonis yang awalnya Jaksa menuntut Saipul Jamil dengan 7 tahun penjara, namun kenyataannya hakim memutuskan vonis 3 tahun penjara.

Jaksa mendakwa Rohadi dengan Pasal 12 huruf C atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 KUHP.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Berkunjung ke Kepulauan Seribu, Djarot Lihat Kondisi Rumah Singgah Pasien

Berkunjung ke Kepulauan Seribu, Djarot Lihat Kondisi Rumah Singgah Pasien

Jakarta – Calon wakil gubernur DKI Jakarta petahana Djarot Syaiful Hidayat meninjau kondisi Rumah Singgah ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis