Home > Ragam Berita > Internasional > ISIS Hengkang dari Jarabulus, Warga Suriah Kembali

ISIS Hengkang dari Jarabulus, Warga Suriah Kembali

Karkamis – Kondisi Suriah memang hingga kini masih diliputi konflik. Namun, ada beberapa wilayah yang telah terbebas dari ISIS. Misalnya, Jarabulu. Karena lokasi tersebut telah terbebas dari para militan, ratusan warga sipil Suriah pun kembali ke sana. Hal Tersebut terjadi pada Rabu (7/9/2016). Hal itu terjadi setelah pasukan pro-Ankara mengambil alih dari ISIS.

ISIS Hengkang dari Jarabulus, Warga Suriah Kembali

Sambil membawa koper dan barang-barang rumah tangga, mereka menuju garis depan dan mengantre untuk pemeriksaan bea cukai di gerbang perbatasan di luar kota Karkamis, Turki, menurut seorang fotografer AFP.

Dikuasai ISIS sejak 2013, Jarabulus pada 24 Agustus dengan mudah direbut kembali oleh petempur Ankara dengan dukungan tank dan pesawat Turki pada hari pertama serbuan dua minggu lebih Turki ke Suriah.

Media pemerintah Turki kemudian menyiarkan rekaman kehidupan yang sudah kembali normal di Jarabulus setelah kepergian ISIS, menunjukkan pembukaan kembali beberapa toko dan anak-anak bermain di jalanan.

Pasukan Turki dan pemberontak yang didukung Ankara melanjutkan operasi di dalam Suriah, yang juga menyasar milisi Kurdi yang dianggap sebagai kelompok teror oleh Ankara.

Turki adalah rumah bagi 2,7 juta pengungsi yang melarikan diri dari konflik di Suriah tapi hanya sekitar 10 persen yang tinggal di tempat penampungan dan sisanya tinggal di kota-kota kecil dan besar di seluruh negeri, utamanya di bagian tenggara. (Tita Yanuantari – hariaindo.com)

x

Check Also

"Demi Bisa Kabur, Militan ISIS Menyamar Jadi Perempuan"

“Demi Bisa Kabur, Militan ISIS Menyamar Jadi Perempuan”

Mosul – Sejak dikuasai oleh pihak tentara Irak pada 10 Juli 2017, Mosul menjadi kota ...