Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Bayi yang Lahir Caesar Cenderung Mengalami Obesitas

Bayi yang Lahir Caesar Cenderung Mengalami Obesitas

Jakarta – Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard TH Chan School of Public Health, bayi yang lahir dengan proses caesar cenderung mengalami obesitas dibandingkan dengan bayi yang lahir normal.

Bayi yang Lahir Caesar Cenderung Mengalami Obesitas

Penelitian itu menemukan jika bayi yang lahir dengan proses caesar cenderung mengalami obesitas dibandingkan dengan bayi yang lahir normal.

Seperti dilansir dari metrotvnews.com, Sabtu (10/9/2016), peningkatan risiko tersebut dapat bertahan hingga dewasa.

Di Inggris, satu dari empat wanita hamil melalui proses caesar saat melahirkan. “Prosedur caesar memang diperlukan untuk menyelamatkan nyawa dalam beberapa kasus. Namun ada beberapa risiko pada ibu dan bayi. Temuan kami menunjukkan bahwa risiko obesitas yang menurun adalah salah satunya,” ujar penulis senior Jorge Chavarro, profesor nutrisi dan epidemiologi.

Para ilmuwan kemudian memeriksa data selama 16 tahun, dari lebih 22 ribu orang dewasa muda dalam studi Growing Up Today. Penemuan yang dipublikasikan dalam Jama Paediatrics tersebut menunjukkan bahwa, anak-anak yang lahir secara caesar 64 persen lebih cenderung menjadi gemuk, daripada bayi yang lahir dengan persalinan normal. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

6 Perubahan Paling Jelas dari Wanita Setelah Melahirkan

6 Perubahan Paling Jelas dari Wanita Setelah Melahirkan

Jakarta – Bagi sebagian besar wanita, masa kehamilan merupakan saat yang tak dapat dilupakan. Bentuk ...