Home > Ragam Berita > Nasional > Tersangka Pemberangkatan 177 Calon Jamaah Haji Bertambah

Tersangka Pemberangkatan 177 Calon Jamaah Haji Bertambah

Jakarta – Haji telah menjadi fenomena di negeri ini. Anda tentu masih ingat dengan kasus 177 calon jamaah haji dari Indonesia yang akan berangkat lewat Filipina dengan jalur ilegal. Kini seorang tersangka kembali tertangkap. Berdasar informasi, ada delapan orang yang terlibat dalam kasus tersebut.

Tersangka Pemberangkatan 177 Calon Jamaah Haji Bertambah

”Saat ini ada delapan tersangka yang telah ditetapkan oleh Bareskrim. Kasus ini masih terus dikembangkan (penyidikannya),” kata Wakapolri Komjen Pol Syafruddin, di Mabes Polri, Jakarta, Senin (12/9/2016).

Menurutnya, dalam pengusutan kasus ini, pihaknya terus bekerja sama dengan kepolisian dan pemerintah Filipina. ”Sekarang kerja samanya bukan antar kepolisian tapi G to G (government to government),” katanya.

Dia mengungkapkan, hubungan bilateral Indonesia-Filipina semakin baik terutama setelah kunjungan Presiden Filipina Rodrigo Duterte ke Indonesia. Kendati demikian Wakapolri tidak menyebut inisial nama tersangka.

Sebelumnya, otoritas Filipina telah menetapkan lima tersangka. Sementara Bareskrim Polri telah menetapkan tujuh tersangka yang berasal dari lima agen perjalanan haji.

Mereka adalah Haji AS, BDMW, MNA, Haji MT,Haji F alias A, Haji AH dan ZAP. Ketujuh tersangka tersebut diproses dalam lima laporan polisi.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat dengan Pasal 62 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Pasal 64 dan 63 UU No 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, dan Pasal 378 KUHP tentang tindak pidana penipuan. Mereka pun terabcam hukuman 12 tahun penjara. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Miko Panji Tirtayasa Laporkan Novel Baswedan ke Polisi, Apa Masalahnya ?

Miko Panji Tirtayasa Laporkan Novel Baswedan ke Polisi, Apa Masalahnya ?

Jakarta – Miko alias Miko Panji Tirtayasa melaporkan penyidik KPK Novel Baswedan atas dugaan tindak ...