Home > Ragam Berita > Internasional > Berita Internasional : Gerilyawan Pro Turki Bakal Menju ke Al-Bab

Berita Internasional : Gerilyawan Pro Turki Bakal Menju ke Al-Bab

Ankara – Turki memanng memberikan dukungan kepada gerilyawan Suriah. Kini mereka dikabarkan akan melakukan ekspansi kekuasaan. Menurut Presiden Turki Tayyip Erdogan pada Senin (19/9/2016), para gerilyawan tersebut bakal menuju wilayah utara Suriah dengan pergerakan ke arah. Mereka bakal merebut Al-Bab yang kini diduduki ISIS.

Berita Internasional : Gerilyawan Pro Turki Bakal Menju ke Al-Bab

Dalam konferensi pers menjelang keberangkatan menuju New York, di mana Erdogan akan menyampaikan pidato di depan Majelis Umum PBB, Erdogan menyatakan bahwa “zona aman” Turki di Suriah akan diperluas sampai 5.000 km persegi.

Bulan lalu, Turki memulai operasi militer bernama “Perisai Eufrat” di kawasan utara Suriah dengan tujuan mengusir kelompok ISIS dari perbatasan kedua negara dan menghentikan pergerakan para pejuang Kurdi. Hingga kini, Turki berhasil menguasai sebuah jalur sempit di sepanjang perbatasan.

”Sebagai bagian dari operasi Perisai Eufrat, sebuah area seluas 900 km persegi telah kami bersihkan dari kelompok teroris. Area ini akan kami perluas ke selatan,” kata Erdogan.

”Kami mungkin akan memperluas wilayah ini sampai dengan 5 ribu km persegi sebagai bagian dari zona aman,” kata dia.

Namun, negara-negara Barat sampai sejauh ini menolak usulan Turki karena membutuhkan kehadiran pasukan darat dalam jumlah besar dan pesawat tempur untuk berpatroli. Singkatnya, mereka harus terlibat penuh dalam peperangan di Suriah. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Rencana Penembakan Bocor Dari Buku Diary, Remaja Putri Ini Diamankan Polisi

Rencana Penembakan Bocor Dari Buku Diary, Remaja Putri Ini Diamankan Polisi

Washington DC – Kepolisian Maryland mengamankan seorang remaja putri bernama Nichole Cevario (18) yang diduga ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis