Home > Ragam Berita > Nasional > Jokowi Tegaskan Badan Siber Nasional Segera Dibentuk

Jokowi Tegaskan Badan Siber Nasional Segera Dibentuk

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum lama ini merencanakan pembentukan Badan Siber Nasional. Hal tersebut diungkapkan dalam rapat terbatas pada Selasa (20/19/2016). Dia mengungkapkan, lembaga tersebut tidak perlu dibangun mulai nol. Sebab, unit-unit di kementerian dengan fungsi serupa dapat dimaksimalkan.

Jokowi Tegaskan Badan Siber Nasional Segera Dibentuk

”Untuk menangani masalah keamanan siber, tidak perlu membentuk lembaga baru mulai dari nol. Tapi, kita bisa manfaatkan, bisa kembangkan, bisa konsolidasikan dengan unit-unit di kementerian atau lembaga yang memiliki fungsi keamanan siber,” kata Jokowi di Jakarta pada Selasa (20/9/2016).

Menurut dia, pada 2013, Indonesia merupakan negara sasaran serangan siber kedua terbesar di dunia. Dua tahun kemudian, kejahatan siber di Indonesia meningkat drastis sebesar 389 persen dengan mayoritas serangan pada sektor bisnis online atau e-commerce. Karenanya, pembentukan Badan Siber Nasional menjadi krusial.

”Munculnya ancaman kejahatan siber menjadi tantangan baru dari sisi kesiapan lembaga pemerintah, apalagi ke depan kita ingin memperkuat ekonomi digital kita,” katanya.

Dalam rapat terbatas tersebut, dibahas pula mengenai manajemen aparatur sipil negara (ASN). Jokowi memerintahkan agar reformasi aparatur sipil negara dilakukan secara tuntas, dari hulu hingga hilir.

”Saya minta Menteri PAN RB melakukan langkah-langkah kongkret untuk merubah orientasi kerja birokrasi agar tidak semata-mata tidak pada orientasi prosedur tapi pada hasil,” jelasnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Walikota Minta Warga Lebih Waspada Pasca Teror Bom di Kampung Melayu

Walikota Minta Warga Lebih Waspada Pasca Teror Bom di Kampung Melayu

Jakarta – Bambang Musyawardana selaku Wali Kota Jakarta Timur (Jaktim) mengimbau kepada seluruh warga agar ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis