Home > Ragam Berita > Nasional > Pemerintah Iimbau Segera Tanggapi Musibah Banjir Garut

Pemerintah Iimbau Segera Tanggapi Musibah Banjir Garut

Jakarta – Beberapa waktu lalu, banjir bandang menerjang kawasan Garut. Akibatnya, 26 orang meninggal, 18 hilang, dan 433 luka-luka. Hal tersebut membuat Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis angkat bicara. Pihaknya mengimbau pemerintah pusat dan daerah segera menggapi serius bencana tersebut.

Pemerintah Iimbau Segera Tanggapi Musibah Banjir Garut

”Saya meminta lembaga-lembaga tanggap darurat seperti Badan SAR Nasional (BASARNAS) dan BPBD, juga TNI/Polri dapat berkoordinasi dengan Pemprov Jawa Barat untuk mengevakuasi korban secara cepat dan tepat,” katanya di Jakarta pada Jumat (23/9/2016).

Iskan menjelaskan, pemerintah Provinsi Jawa Barat harus memastikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar dan Badan SAR Nasional (Basarnas) berkordinasi untuk mendirikan posko dan memberikan bantuan segera kepada korban.

Dia menilai, bertambahnya jumlah korban meninggal, mengindikasikan perlunya terus dilakukan pencarian korban yang belum ditemukan.

”Perlu terus diintensifkan dalam mencari korban baik yang masih hidup maupun yang sudah tewas, karena berdasarkan laporan banjir dan longsor yang terjadi di kedua kabupaten itu termasuk besar,” ujarnya.

Politikus PKS itu menjelaskan, terkait dana bantuan bencana, dirinya berharap prosesnya tidak dipersulit dalam hal pencairan sehingga, dapat segera disalurkan kepada korban bencana alam. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

20 Ormas Dipastikan Ikut Aksi 287

20 Ormas Dipastikan Ikut Aksi 287

Jakarta – Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) bersama dengan sejumlah ormas rencananya ...