Home > Ragam Berita > Nasional > Minim Pengalaman Politik, Pasangan Agus-Sylvi Diprediksi Sulit Bersaing

Minim Pengalaman Politik, Pasangan Agus-Sylvi Diprediksi Sulit Bersaing

Jakarta – Djayadi Hanan selaku Dirut Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menilai, pasangan calon gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni tak akan mudah untuk memenangkan pilkada karena minimnya pengalaman di pemerintahan.

Minim Pengalaman Politik, Pasangan Agus-Sylvi Diprediksi Sulit Bersaing

Menurutnya, elektabilitas petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) – Djarot Syaiful Hidayat lebih tinggi dibandingkan perwira menengah TNI yang masuk ke dunia politik tersebut. Sejauh ini, ujarnya, tidak ada data jajak pendapat yang melibatkan kedua nama tersebut.

“Sylviana selama ini memiliki elektabilitas yang rendah dan Agus tidak memiliki pengalaman politik dan pengalaman pemerintahan khususnya sebagai kepala daerah,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (23/9/2016).

Menurutnya, satu alasan utama orang Jakarta memilih gubernur adalah pengalaman di pemerintahan selain bukti nyata hasil kerjanya di pemerintahan.

“Ibu Sylvi itu memang punya pengalaman pemerintahan, tapi bukan sebagai kepala daerah. Dia birokrat atau PNS. Artinya track record sebagai pemimpin politik belum teruji,” ujarnya.

Partai Demokrat, PPP, PKB, dan PAN mengusung Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2017.

Keputusan tersebut diumumkan pada Jumat dini hari (23/9/2016) di kediaman Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono. Sebelumnya terjadi perdebatan panjang dari empat ketua umum parpol pengusung untuk menentukan pasangan calon.

Lewat rilis media Partai Demokrat, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mengatakan, pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni dipilih karena dianggap ideal untuk menjawab kebutuhan masyarakat Ibu Kota.

“Mereka adalah kombinasi generasi muda bersemangat serta tangguh dan seorang birokrat senior yang berpengalaman,” ujarnya. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Aksi Bela Palestina Rencananya Digelar Pada 17 Desember

Aksi Bela Palestina Rencananya Digelar Pada 17 Desember

Jakarta – Kabar terbaru dari Ma’ruf Amin selaku Ketum MUI menjelaskan bahwa akan ada Aksi ...