Home > Ragam Berita > Nasional > Polisi Menduga Ada Pihak Ketiga yang Membakar Kantor DPRD Gowa

Polisi Menduga Ada Pihak Ketiga yang Membakar Kantor DPRD Gowa

Gowa – Dalam keterangan persnya pada Senin (26/9/2016) malam, Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Anton Charliyan mengaku telah mengantongi identitas para pelaku perusakan dan pembakaran Kantor DPRD Gowa pada Senin siang yang berjumlah delapan orang.

Polisi Menduga Ada Pihak Ketiga yang Membakar Kantor DPRD Gowa

“Sudah teridentifikasi yang pertama membakar ada tiga orang, kemudian datang lagi lima orang,” ujar Anton saat dihubungi, Senin (26/9/2016) malam.

Terkait motif polisi masih belum mengetahuinya, namun tidak lama akan segera diketahui karena identitas para pelaku telah dikantongi polisi.

Menurut pengakuan rombongan aksi dari Pasukan Kerajaan Gowa, mereka juga terkejut ketika mengetahui ada aksi pembakaran karena mereka sebelumnya telah berjanji kapada polisi bahwa mereka akan melakukan aksi damai di depan Gedung DPRD.

“Ditanyakan ke mereka, lho katanya mau aksi damai? Katanya memang itu tidak ada skenario dari mereka,” kata Anton.

“Jadi justru mereka juga mengutuk dan akan mengadakan treatment bahwa itu bukan perbuatan dari aksi yang akan mereka lakukan dari pihak kerajaan,” lanjutnya.

Anton menduga ada pihak-pihak tertentu yang ingin menyulut konflik dengan memanfaatkan hubungan yang kurang harmonis belakangan ini antara Pemda dan Kerajaan Gowa. Anton kemudian meminta masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi dengan kejadian ini.

Seperti diketahui, pada Senin siang Pasukan Kerajaan Gowa melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung DPRD. Unjuk rasa yang awalnya tertib kemudian berubah menjadi kemarahan dan perusakan setelah muncul lemparan batu dari arah dalam Gedung DPRD.

Unjuk rasa yang dilakukan kemarin sebagai respon dikeluarkannya Peraturan Daerah (Perda) Lembaga Adat Daerah (LAD) yang mengatur bahwa Bupati menggantikan kedudukan Raja Gowa meski Bupati tidak berasal dari garis keturunan Raja Gowa.
(Samsul Arifin)

x

Check Also

Panglima TNI Gatot Dinilai Cocok Sebagai Cawapres Jokowi

Panglima TNI Gatot Dinilai Cocok Sebagai Cawapres Jokowi

Jakarta – Pilpres 2019 memang masih lama, namun beragam dukungan sudah mulai bermunculan untuk Presiden ...