Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Mengecek Ponsel di Tengah Malam Bisa Rusak Kesehatan

Mengecek Ponsel di Tengah Malam Bisa Rusak Kesehatan

Jakarta – Apabila Anda kerap terbangun di tengah malam untuk memeriksa ponsel, mulai lah berhati-hati. Sebab, memeriksa atau menggunakan ponsel di tengah malam memiliki risiko merusak kesehatan.

Mengecek Ponsel di Tengah Malam Bisa Rusak Kesehatan

Seperti dilansir dari metrotvnews.com, Jumat (30/9/2016), berdasarkan laporan Deloitte, satu dari tiga orang dengan rentang usia 18-24 tahun begitu kecanduan ponsel. Para ahli telah berulang kali memperingatkan bahwa menggunakan ponsel di tengah malam berisiko merusak kesehatan.

Ilmuwan dari Harvard mengatakan, cahaya biru di layar ponsel Anda ‘memberitahu’ tubuh bahwa saat itu adalah siang hari. Artinya, secara tidak langsung perangkat ponsel meminta Anda untuk tetap terjaga.

Cahaya biru yang dipantulkan ponsel juga dapat membuat seseorang tidak mendapatkan waktu tidur secara normal.

“Smartphone mampu membuat penggunanya terjaga untuk memeriksa apa yang terjadi di dunia maya, apa yang dikatakan orang, apa yang diposting orang. Smartphone mendorong orang untuk melakukannya pada malam hari,” kata Kepala Penelitian Teknologi di Deloitte, Paul Lee, melansir Metro.co.uk, Jumat (230/9/2016).

Paul menambahkan, menggunakan ponsel dengan berlebihan hingga kecanduan memungkinkan penggunanya mengalami depresi. Terlepas apakah mereka menggunakannya untuk melakukan pekerjaan atau hanya untuk memeriksa Facebook.

Penelitian dari Northwestern University menemukan bahwa rata-rata, orang yang depresi menggunakan ponsel tiga kali lebih banyak dari orang normal. Sebagian besar dari kita menghabiskan sepertiga waktu terjaga kita hanya untuk menatap ponsel dan bagian paling menakutkan adalah kita tidak menyadarinya. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Simak, Hindari Memakai Hijab Saat Rambut Masih Basah

Simak, Hindari Memakai Hijab Saat Rambut Masih Basah

Jakarta – Hijab bukan hanya bagian dari busana, tapi menjadi hal yang diwajibkan dalam agama ...