Home > Ragam Berita > Internasional > Rusia Layangkan Tantangan kepada AS

Rusia Layangkan Tantangan kepada AS

Jakarta – Konflik di Suriah belum mereda hingga kini. Namun, belum lama ini Rusia melayangkan tantanan kepada Amerika Serikat. Yakni, membuktikan aktivitas di Suriah. Hal tersebut diungkapkan setelah Rusia dipojokkan media lantaran tewasnya warga sipil. Insiden tersebut disebabkan ledakan di rumah sakit setempat dan penggempuran bantuan kemanusiaan PBB di Aleppo.

Rusia Layangkan Tantangan kepada AS

“Kami selalu mengambil langkah terbaik untuk menghindari pengeboman terjadi. Jika ada informasi kami mengebom warga sipil, kami tentu akan melakukan penyelidikan,” ucap Dubes Rusia untuk Indonesia Mikhail Galuzin di Jakarta pada Senin (3/10/2016).

“Tapi intinya sampai saat ini tidak ada bukti bahwa kami (Rusia) yang melakukan pengeboman (terhadap warga sipil di Aleppo, Suriah). Tapi banyak buktinya kalau AS yang melakukan,” katanya.

Galuzin membeberkan, salah satunya adalah pengeboman di RS Al Quds pada April 2016. Sekira 60 orang tewas, termasuk dokter anak dan para pasiennya. RS tersebut mempekerjakan sukarelawan dari badan amal medis Medecins Sans Frontieres (MSF).

Bukti lain ialah serangan udara koalisi antiteror pimpinan AS pada bulan September yang menewaskan 62 tentara Suriah di Deir Ez Zor. “Padahal mereka saat itu bilang ke kami kalau persiapannya memakan waktu dua hari, tetapi masih juga salah sasaran,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ambisi Korut Dalam Membangun Kekuatan Militernya

Ambisi Korut Dalam Membangun Kekuatan Militernya

Pyongyang – Kim Jong-Un selaku Presiden Negara Korea Utara masih terus berupaya keras untuk mewujudkan ...