Home > Ragam Berita > Nasional > Elektabilitas Pasangan Ahok-Djarot Semakin Menurun Menurut Tiga Lembaga Survei

Elektabilitas Pasangan Ahok-Djarot Semakin Menurun Menurut Tiga Lembaga Survei

Jakarta – Semakin mendekati waktu Pilkada DKI 2017 mendatang sepertinya tim pemenangan pasangan calon incumbent Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat harus bekerja lebih keras lagi karena menurut hasil survei terakhir dari tiga lembaga survei menunjukkan bahwa pasangan Ahok-Djarot tingkat elektabilitasnya semakin menurun.

Elektabilitas Pasangan Ahok-Djarot Semakin Menurun Menurut Tiga Lembaga Survei

Sedangkan di sisi lain, pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno serta Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni justru tingkat elektabilitasnya semakin naik dan menempel ketat pasangan Ahok-Djarot.

Berdasarkan hasil survei terbaru bulan dari Oktober 2016 dari tiga lembaga survei yaitu Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Media Survei Nasional (Median) dan PolMark Research Center (PRC), elektabilitas pasangan Ahok-Djarot menurun hingga di angka 31%.

Menurut hasil survei yang dilakukan oleh LSI Denny JA pada 28 September-2 Oktober 2016 terhadap 440 responden menunjukkan pasangan Ahok Djarot masih menduduki peringkat pertama dengan tingkat elektabilitas 31,4%, diikuti oleh pasangan Anies-Sandiaga dengan elektabilitas 21,1%, dan Agus-Sylviana dengan elektabilitas 19,3%.

“Dari pemilih belum tetap masih ada 28,2 persen. Jika kita distribusikan ke ketiga calon, tidak mencapai 50 persen. Siapapun calon yang ada saat ini berpotensi dua putaran,” ujar peneliti LSI Adjie Alfaraby, Selasa (4/10/2016) lalu.

Sedangkan hasil survei yang dilakukan PolMark Research Center (PRC) menunjukkan pasangan Ahok Djarot memiliki elektabilitas sebesar 31,9% sedangkan pasangan Anies–Sandiaga 23,2% dan Agus – Sylviana dengan elektabilitas 16,7%.

Tingkat elektabilitas pasangan Ahok-Djarot menurun hingga 10,8% dari kurun waktu Juli hingga Oktober 2016. Pada bulan Juli angka elektabilitas pasangan Ahok- Djarot mencapai 42,7%, sedangkan pada dan turun menjadi 31,9% pada survei bulan Oktober 2016 ini.

Sedangkan berdasarkan hasil survei Median, elektabilitas pasangan Ahok-Djarot menurun menjadi 34,2%. Di belakang Ahok-Djarot ada pasangan Anies-Sandiaga saat ini 25,4%, ditempel ketat oleh Agus-Sylviana dengan 21%.

Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun mengatakan bahwa Ahok hanya perlu memperbaiki cara komunikasinya, dan harus diimbangi dengan figur Djarot. Rico menilai di putaran pertama, salah satu dari pasangan Anies-Sandi dan Agus-Sylvi akan saling mengalahkan satu sama lain.

Ahok sendiri menanggapi santai saja setiap hasil survei yang mengungkapkan bahwa pasangan Ahok-Djarot tingkat elektabilitasnya menurun menjelang Pilkada DKI 2017.

“Terima kasih ya. Artinya saya enggak perlu keluar duit, sudah ada hasil survei. Tinggal sekarang Teman Ahok sama partai-partai kerja lebih keras saja,” kata Ahok.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Gara-gara Pamer Motor Cowoknya, Cewek Abg Ini Dihujani Bully

Gara-gara Pamer Motor Cowoknya, Cewek Abg Ini Dihujani Bully

Jakarta – Baru-baru ini dunia maya dihebohkan akun facebook Dian Yulia. Keterangan pada foto yang ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis