Home > Gaya Hidup > Cara Merawat Perhiasan Perak

Cara Merawat Perhiasan Perak

Jakarta – Salah satu jenis perhiasan yang paling populer dipakai oleh masyarakat selain emas, yaitu perak. Namun perak lebih membutuhkan perawatan khusus agar warnanya tidak cepat menjadi kusam.

Cara Merawat Perhiasan Perak

Bagaimanakah cara merawat perhiasan yang terbuat dari perak?

Menurut Nia Wahyuningsih dari HS Silver, Kota Gede, Yogyakarta, perhiasan dari perak memang membutuhkan perawatan yang sedikit ekstra karena kandungan alami dalam perak itu sendiri.

“Perawatan perak memang ribet, namun memang alaminya begitu. Tapi satu tips ya perak itu semakin dipakai dia akan bertahan lama. Tetapi tergantung juga dengan kadarnya, sekarang kebanyakan silver kadarnya sudah 92,5 persen dulu kan 80 persen, semakin besar tembaga maka semakin cepat oksidasi,” jelas Nia.

Sedangkan untuk perawatannya, Anda dapat menggunakan cara alami yaitu dengan menggunakan buah lerak atau pasta gigi.

“Perawatannya sehari-hari bisa pakai lerak. Jadi buah itu akan menimbulkan buih-buih seperti sabun saat direndam di air dan kandungannya bagus untuk perak. Selain itu pasta gigi, rendam perak di air hangat, angkat lalu sikat dengan pasta gigi,” papar Nia.

Sedangkan untuk masalah penyimpanan, Nia menyarankan agar perhiasan perak lebih sering dipakai daripada disimpan.

“Perhiasan perak itu lebih baik dipakai, jangan disimpan begitu saja. Perak akan lebih bagus apalagi kalau kena lime. Kayak sabun cuci piring kan itu, banyak limenya,” tutupnya.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Tren Fashion Terbaru : Busana Pamer Punggung

Tren Fashion Terbaru : Busana Pamer Punggung

Jakarta – Dunia fashion memang tak akan pernah ada habisnya. Ya hingga kini model busana ...