Home > Ragam Berita > Internasional > AS Opimistis ISIS Bakal Hengkang dari Mosul

AS Opimistis ISIS Bakal Hengkang dari Mosul

Mosul – Amerika Serikat (AS) kini bersekutu dengan Irak. Mereka pun sangat optimistis pemerintah negara tersebut dapat mengusir ISIS dari Mosul.Nah, hal tersebut diungkapkan Menteri Pertahanan AS Ash Carter.

AS Opimistis ISIS Bakal Hengkang dari Mosul

Sebagaimana diberitakan NHK pada Senin (17/10/2016), Carter menyampaikan hal tersebut pada Minggu (18/10/2016) setelah Perdana Menteri Haider al Abadi mengumumkan operasi pengambil alihan Mosul. Mosul sendiri merupakan jantung terakhir pertahanan ISIS di Irak.

Baca juga: Pemerintah Jepang Bahas Pengunduran Diri Kaisar

Dalam pernyataannya, Carter menyebut operasi ini merupakan saat penentuan untuk mengalahkan kelompok teroris tersebut di Irak. Ia menambahkan, AS dan koalisi internasionalnya siap membantu pasukan keamanan dan rakyat Irak serta para pejuang Peshmerga untuk menghadapi pertempuran Mosul.

Operasi pembebasan Mosul merupakan momen yang penting bagi semua pihak. Pasalnya, Mosul serta Fallujah merupakan dua kota terbesar yang diduduki ISIS di Irak. Namun, pasukan Irak berhasil membebaskan Fallujah pada Juni dan bila Mosul berhasil dibebaskan maka wilayah kekuatan ISIS akan semakin menciut. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Usai Bertemu Putin di Jerman, Donald Trump Hentikan Program Rahasia CIA di Suriah

Usai Bertemu Putin di Jerman, Donald Trump Hentikan Program Rahasia CIA di Suriah

Jakarta – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, kabarnya telah menghentikan program rahasia Badan Intelijen Pusat ...