Home > Ragam Berita > Nasional > Kapolda Sumut Puji Bripka Nelson, Polantas yang Ajak Pelanggar Berdoa Sebelum Ditilang

Kapolda Sumut Puji Bripka Nelson, Polantas yang Ajak Pelanggar Berdoa Sebelum Ditilang

Medan – Beberapa hari ini media sosial sedang ramai memperbincangkan seorang anggota Polantas dari Polres Humbang Hasundutan yang bernama Bripka Nelson Tambunan, polisi yang mengajak pelanggar lalu lintas berdoa dulu sebelum melakukan penilangan.

Kapolda Sumut Puji Bripka Nelson, Polantas yang Ajak Pelanggar Berdoa Sebelum Ditilang

Menurut Kapolda Sumatera Utara, Irjen Rycko Amelza Dahniel, apa yang dilakukan oleh Bripka Nelson ini adalah sesuatu yang baik karena menindak pelanggaran lalu lintas dengan pendekatan yang berbeda.

“Ini salah satu inovasi dari Kapolres Humbang, ini salah satu inovasi dalam penindakan pelanggar lalu lintas,” kata Irjen Rycko, Jumat (21/10/2016).

Inovasi yang dilakukan oleh pihak Polres Humbang Hasundutan menyesuaikan dengan tipe masyarakat di sana yang memang dikenal religius.

“Jadi inovasinya adalah berangkat dari budaya masyarakat setempat. Peran dari gereja, peran dari pendeta sangat kuat di masyarakat. Oleh karena itu, maka upaya-upaya penindakan yang digunakan juga dengan cara-cara pendekatan agama,” tutur Rycko.

Dalam video yang telah tersebar luas di YouTube ini terlihat Bripka Nelson sedang berdoa untuk Nelson Girsang yang telah melakukan pelanggaran di Jl S Raja Dolok Sanggul, Humbahas.

“Si Nelson ini membawa sayur-mayur untuk dibawa ke pasar di Humbahas, muatannya berlebihan sampai miring kendaraannya. Lalu diberhentikan, diberitahu kesalahannya kemudian berdoa bersama-sama supaya tidak terjadi pelanggaran lagi,” cerita Irjen Rycko.

Sebelum melakukan penilanga, Bripka Nelson kemudian mengajak Nelson Girsang dan seorang wanita di sebelahnya untuk berdoa dulu agar Nelson Girsang tidak mengulangi kesalahannya dan diberi rejeki dalam pekerjaannya.

“Berdoa bersama-sama supaya tidak terjadi pelanggaran lagi, juga supaya Tuhan memaafkan kesalahannya, juga untuk memohon kekuatan supaya polisi tidak menerima pungli dan pelanggar lalu lintas juga untuk tidak memberikan uang suap juga ke polisi. Karena ini kan perbuatannya dilarang sama Tuhan,” tutur dia.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Alumni 212 Bersiap Gelar Aksi 299 di Gedung DPR

Alumni 212 Bersiap Gelar Aksi 299 di Gedung DPR

Jakarta – Kabar mengenai Aksi turun ke jalan yang akan dilakukan pada Jumat besok akan ...