Home > Gaya Hidup > Tips > 4 Kondisi Sebaiknya Anda Tidak Minum Kopi

4 Kondisi Sebaiknya Anda Tidak Minum Kopi

Jakarta – Sebagian besar orang menyatakan jika kopi menjadi minuman wajib saat sarapan. Selain meningkatkan semangat, segelas kopi memiliki manfaat untuk mengurangi risiko demensia, meningkatkan metabolisme, dan menurunkan risiko kanker kulit.

4 Kondisi Sebaiknya Anda Tidak Minum Kopi

Namun, bukan berarti tanpa efek samping. Terkadang, mengonsumsi kopi pada waktu yang salah bisa menyebabkan peningkatan kecemasan, kelelahan berlebih, dan gangguan kesehatan lainnya.

Janganlah mengonsumsi kopi jika. . . berikut pembahasannya seperti dilansir dari metrotvnews.com, Minggu (23/10/2016):

1. Kopi masih panas

Sebuah studi menemukan bahaya mengonsumsi kopi yang masih panas, yaitu dapat meningkatkan risiko kanker esofagus atau tenggorokan. Menambahkan susu atau krim dapat menurunkan suhunya sebanyak 5 derajat.

Solusinya? Anda harus bersabar saat minum kopi. Secangkir kopi hitam membutuhkan waktu 5 menit agar suhunya turun dan aman untuk diminum.

2. Anda mudah cemas

Kopi memberi efek stimulan pada jantung dan merangsang sistem saraf. Pada orang yang mudah cemas, kopi memicu pelepasan hormon stres kortisol yang menyebabkan rasa panik, serta sulit tidur.

Solusinya? Minum kopi enam jam sebelum tidur pada Anda yang punya gangguan tidur, serta batasi konsumsinya pada Anda yang mudah cemas.

3. Mengantuk

Kopi dikenal efektif mengusir kantuk. Akan tetapi, manfaat kopi tak akan bekerja jika Anda benar-benar kelelahan dan tidur kurang dari 5 jam selama tiga hari berturut-turut.

Ketika Anda benar-benar kelelahan, yang Anda butuhkan untuk kembali menyegarkan tubuh hanyalah tidur, bukan kopi.

4. Masih terlalu pagi

Minum secangkir kopi terlalu pagi, misalnya pukul 05.00 dan 06.00, sebenarnya tidak membangun energi Anda sepenuhnya.

Karena, pada jam pertama setelah Anda bangun, tingkat hormon stres kortisol berada di puncaknya yang bisa memberikan Anda energi alami dari dalam tubuh.

Banyak ahli sepakat bahwa waktu terbaik untuk meminum secangkir kopi pertama adalah di sekitar pukul 10.00 hingga 12.00. Waktu ini merupakan saat dimana hormon kortisol mulai menurun. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan manfaat dari kemampuan alami tubuh Anda.

Baca juga: Jangan Malu Bicarakan Fantasi Anda Dengan Pasangan Saat Bercinta

Apabila Anda minum kopi terlalu pagi, kemungkinan Anda akan butuh kopi lagi di saat waktu semakin siang. Minum kopi berlebihan diketahui bisa juga membawa dampak buruk pada kesehatan Anda. Bagi yang memiliki tekanan darah tinggi, diabetes dan penyakit asam lambung, kelebihan kopi bisa memperburuk penyakit Anda. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Begini Cara Agen Intelijen Membedakan Seseorang Berbohong atau Tidak

Begini Cara Agen Intelijen Membedakan Seseorang Berbohong atau Tidak

Jakarta – Banyak orang mengatakan bahwa kejujuran dan kebohongan kini sulit untuk dibedakan. Namun apakah ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis