Home > Ragam Berita > Nasional > Ombudsman RI : Suap Itu Seperti Vampir

Ombudsman RI : Suap Itu Seperti Vampir

Jakarta – Semakin maraknya pungli membuat pemerintahan Presiden Jokowi saat ini tenga menggalakkan operasi pemberantasan pungli di semua tingkat instansi pemerintah, khususnya yang berhubungan dengan pelayanan publik dan administrasi.

Ombudsman RI : Suap Itu Seperti Vampir

Menurut Ombudsman Republik Indonesia, pungli di Indonesia sudah semakin berkembang luas seperti vampir penghisap darah dan wabah nyamuk demam berdarah.

“Kalau suap pengguna layanan yang tidak memenuhi syarat. Berupaya memberikan imbalan. Suap kita gambarkan dengan vampir. Kalau pungli nyamuk demam berdarah,” jelas Anggota Ombudsman, Alamsyah Saragih di daerah Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (23/10/2016).
a.
Karena itu, Alamsyah menyarankan agar pemberantasan pungli menggunakan tiga pendekatan yaitu permanen, sistematik, dan menyeluruh.

“Pungli itu penyelenggara pelayanan berupaya untuk mengutip imbalan lain kepada pengguna layanan yang memenuhi syarat di luar ketentuan yang berlaku atas penyediaan layanan tertentu seperti pelayanan KTP, SIM, Paspor,” kata Alamsyah.

Alamsyah juga menjelaskan, praktik pungli di Tanah Air meningkat sekitar 53,9 persen dari tahun 2015 – 2016.

“Yang meminta imbalan naik dari tahun 2015 ke tahun 2016,” paparnya.

Untuk lebih mengefektifkan pencegahan dan penindakan terhadap praktik pungli maka menurut Alamsyah perlu dipertimbangkan untuk menyatukan seluruh inspektorat, termasuk BPKP, ke dalam satu wadah.

“Pungli adalah maladministrasi. Rekam, tolak, laporkan jika adanya dugaan itu (pungli). Jadi jangan ditolak dulu,” tegasnya.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Polisi Berhasil Tangkap Perakit Bom Bekasi

Polisi Berhasil Tangkap Perakit Bom Bekasi

Jakarta – Tidak lama setelah penangkapan tiga terduga teroris di Bekasi, Densus 88 kembali melakukan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis