Home > Ragam Berita > Nasional > Sidak Apotek, Dinkes Antisipasi Peredaran Obat Kedaluwarsa

Sidak Apotek, Dinkes Antisipasi Peredaran Obat Kedaluwarsa

Tangerang – Peredaran obat palsu kedaluwarsa kini sangat mengkhawatirkan. Karena itu, Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten, menyidak beberapa apotek. Hal tersebut dilakukan untuk mengawasi penjualan obat palsu dan kedaluwarsa. Mereka menjelaskan, obat tersebut sangat merusak kesehatan warga.

Sidak Apotek, Dinkes Antisipasi Peredaran Obat Kedaluwarsa

“Petugas turun ke lapangan secara rutin untuk mengecek sejumlah apotek,” kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Pemkab Tangerang, Corah Usman di Tangerang, Rabu (26/10/2016).

Corah mengatakan, selain pemantauan rutin, pihaknya juga melakukan pembinaan terhadap pengelola apotek supaya mereka menjual obat yang diproduksi oleh pabrik resmi. Masalah tersebut kata dia, untuk menghindari penjualan obat palsu dan kedaluwarsa yang dijual dengan harga murah ke apotek tertentu.

Pengawasan dan pembinaan dilakukan sesuai prosedur dan standard yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Dia mengatakan, upaya tersebut juga sejalan dengan instruksi Menteri Kesehatan (Menkes) bahwa belakangan ini banyak beredar obat palsu dan kedaluwarsa yang dijual di apotek.

Menurut dia, bila ada pengelola apotek yang menjual obat tidak sesuai dengan standard yang telah ditetapkan maka dapat diberikan sanksi berupa teguran atau penghentian kegiatan. Upaya itu bertujuan agar warga terhindar dalam pengunaan obat palsu atau kedaluwarsa yang dapat berdampak terhadap kesehatan.

Baca juga: Anies Baswedan Jelaskan Makna Sumpah Pemuda

Sementara itu, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Tangerang, Ahmad Supriadi mengatakan, pengawasan apotek harus diperketat oleh instansi terkait.

Ahmad menambahkan, pengawasan apotek seharusnya dikeluarkan sejalan dengan pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk memudahkan pemilik dalam berusaha. Padahal sebelumnya, aparat Dinkes setempat memiliki kewenangan dalam pengawasan sarana maupun fasilitas yang ada pada apotek. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Kebaktian Natal Dibubarkan, Netizen Sindir Deddy Mizwar dan Ridwan Kamil

Kebaktian Natal Dibubarkan, Netizen Sindir Deddy Mizwar dan Ridwan Kamil

Bandung – Peristiwa dibubarkannya Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) secara paksa di Bandung yang dilakukan oleh ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis