Home > Ragam Berita > Nasional > Pengamat Menilai Demo 4 November Tak Mewakili Suara Mayoritas Umat Islam di Jakarta

Pengamat Menilai Demo 4 November Tak Mewakili Suara Mayoritas Umat Islam di Jakarta

Jakarta – Rencana dari para massa sejumlah ormas-ormas islam yang akan melakukan aksi besar-besaran pada Jumat (4/11/2016) mendatang, ditanggapi oleh Peneliti senior Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan (PSKK) Universitas Gadjah Mada (UGM), Muhadjir Darwin. Muhadjir mengingatkan para pendemo untuk lebih mengedepankan ruang dialog dan argumentasi.

Pengamat Menilai Demo 4 November Tak Mewakili Suara Mayoritas Umat Islam di Jakarta

“Kami mengingatkan para pendemo untuk mengedepankan dialog dan argumentasi, agar tercipta dialog dan negosiasi yang dingin serta rasional,” ujar dia, di kampus Program Doktor Studi Kebijakan UGM, Yogyakarta, Sabtu (29/10/2016).

Muhadjir menjelaskan bahwa apabila aksi demo massa itu terealisasikan tanpa mengedepankan dialog dan argumentasi, maka bisa dinilai bahwa aksi tersebut sebagai tirani massa. Hal tersebut lantaran tuntutan yang diajukan bersifat mutlak. Muhadjir melanjutkan, Kekuatan massa telah digunakan sebagai faktor penekan atau pressure, bukannya mengedepankan logika atau argumentasi.

Muhadjir menilai bahwa cara aksi demo tersebut bukanlah cara yang fair, cara manis, atau cara simpatik, untuk mencegah seorang calon terpilih, namun cara tersebut merupakan cara otoriter yang bisa dilakukan baik oleh penguasa maupun oleh massa yang berperilaku tirani.

“Cara seperti ini tidak pernah akan populer, baik jika itu dilakukan oleh penguasa atau oleh massa. Cara seperti itu justru akan mengundang sikap benci dari kalangan orang yang tidak setuju pada pesan yang dituntut dalam demo tersebut,” ujar Muhadjir.

Baca Juga : Demo 4 November : Kapolri Perintahkan Polda Lakukan Tindakan Persuasif

“Artinya demo dengan mengatasnamakan Islam, sebenarnya tidak mengatasnamakan mereka, karena tidak mewakili suara mayoritas umat Islam di Jakarta,” ujar Muhadjir.

(bimbim – harianindo.com)

x

Check Also

Di Hari Raya Idul Fitri Para Petinggi GNPF MUI Temui Presiden Jokowi

Di Hari Raya Idul Fitri Para Petinggi GNPF MUI Temui Presiden Jokowi

Jakarta – Pada perayaan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, Minggu (25/6/2017), Presiden ...