Home > Ragam Berita > Nasional > Komisi III DPR Tidak Penuhi Undangan Polri Dalam Gelar Kasus Ahok

Komisi III DPR Tidak Penuhi Undangan Polri Dalam Gelar Kasus Ahok

Jakarta – Komisi III DPR tampaknya telah sepakat tidak hadir dalam gerlar kasus kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Sikap tersebut dilakukan meski mereka telah mendapat undangan dari Bareskrim Mabes Polri.

Komisi III DPR Tidak Penuhi Undangan Polri Dalam Gelar Kasus Ahok

“Tanpa mengurangi rasa hormat kami, Komisi III sepakat tidak hadir untuk menjaga independensi Polri sebagai institusi sebagaimana diamanatkan undang-undang,” jelas Ketua Komisi III DPR RI, Bambang Soesatyo dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (14/11/2016).

Menurut Bambang atau yang karib disapa Bamsoet ini, keikutsertaan DPR RI dalam gelar perkara tersebut dikhawatirkan malah menimbulkan gesekan-gesekan politik. Mengingat DPR merupakan lembaga politik yang tak lepas dari kepentingan berbagai partai politik di dalamnya.

“Kami menyadari, sebagai lembaga politik, DPR dalam hal ini tdk bisa lepas dari berbagai kepentingan partai politik yang ada di dalamnya. Sehingga kami berpandangan, pengawasan yang kami lakukan mengacu pada tata tertib dewan dan UU MD3,” ujarnya.

Politikus Partai Golkar ini menambahkan, posisi Kapolri Jenderal Tito Karnavian sangat dilematis untuk bisa menuntaskan kasus ini. Hal ini lantaran banyaknya tekanan publik ataupun pihak-pihak tertentu yang terus menerus mendorong agar kepolisian bergerak cepat menentukan apakah Ahok bersalah atau tidak.

Baca juga: Ade Komarudin Kecam Pelaku Bom Molotov di Samarinda

“Kami juga menyadari posisi Kapolri yg sangat dilematis. Dan berharap Kapolri tetap berdiri tegak lurus pada upaya penegakan hukum berdasarkan UU yang berlaku tanpa gentar pada tekanan publik maupun tekanan pihak-pihak tertentu,” tutur Bamsoet. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Rumah Dukun dan Tempat Maksiat di Purwakarta Diberhangus Warga

Rumah Dukun dan Tempat Maksiat di Purwakarta Diberhangus Warga

Purwakarta – Sebuah rumah semi permanen di Purwakarta hancur gosong dibakar warga pada Selasa (6/12/2016). ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis