Home > Ragam Berita > Internasional > Parlemen Israel Legalkan Permukiman di Tepi Barat

Parlemen Israel Legalkan Permukiman di Tepi Barat

Yerusalem – Parlemen Israel memberikan persetujuan awal untuk rancangan undang-undang kontroversial guna melegalkan ribuan rumah di permukiman Tepi Barat, langkah yang memicu kemarahan komunitas internasional dan membuat pemerintah terpecah.

Parlemen Israel Legalkan Permukiman di Tepi Barat

Sebagaimnana diberitakan AFP pada Rabu (16/11/2016) Langkah yang akan diterapkan pada sekitar 2.000 hingga 3.000 rumah Yahudi di wilayah pendudukan Tepi Barat itu membutuhkan tiga lagi pemungutan suara parlemen penuh untuk menjadi undang-undang.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang sedang menghadapi tekanan untuk mempertahankan koalisi sayap kanannya, semula menentang rancangan undang-undang itu karena mencemaskan reaksi balik internasional dan implikasi legalnya. Namun dia memutuskan untuk mendukungnya pada Rabu.

Beredar kabar bahwa Netanyahu mencapai kompromi dengan Menteri Keuangan Moshe Kahlon, yang mengancam tidak memilih, yang bisa membuat pembahasan rancangan undang-undang tersebut terhenti.

Kahlon, yang partai tengah kanannya Kulanu mengendalikan 10 kursi, pada Rabu memberikan dukungan awal tapi mengatakan dia akan menarik dukungan di masa depan jika itu “merugikan” menurut pengadilan tinggi Israel.

Baca juga: Puluhan Orang Meninggal lantaran Pertempuran di Yaman

Pernyataan tersebut merujuk pada pos Yahudi di Tepi Barat, Amona, yang akan dibongkar pada 25 Desember atas perintah pengadilan tinggi karena itu dibangun di tanah pribadi Palestina.

Rancangan undang-undang itu akan melegalkan Amona, tempat sekitar 40 keluarga tinggal, bersama dengan beberapa rumah lain yang dibangun di tanah pribadi warga Palestina di wilayah pendudukan Tepi Barat. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Presiden Israel Geram Dengan RUU Yang Melarang Masjid Pasang Pengeras Suara

Presiden Israel Geram Dengan RUU Yang Melarang Masjid Pasang Pengeras Suara

Yerussalem – Terkait dengan RUU kontroversial Israel yang akan melarang masjid-masjid melantunkan adzan dengan menggunakan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis