Home > Ragam Berita > Nasional > Banjir Rendam Separuh Wilayah Bojonegoro

Banjir Rendam Separuh Wilayah Bojonegoro

Bojonegoro – Banjir yang terjadi akibat meluapnya Sungai Bengawan Solo pada Minggu (27/11/2016) mengakibatkan 96 desa/kelurahan di 15 kecamatan dari total 28 kecamatan di Kabupaten Bojonegoro terendam banjir dengan ketinggian rata-rata di atas 50 cm.

Banjir Rendam Separuh Wilayah Bojonegoro

Menurut data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, 15 kecamatan di sana terendam banjir. Kelimabelas kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Margomulyo, Ngraho, Padangan, Kasiman, Purwosari, Gayam, Malo, Kalitidu, Trucuk, Dander, Kecamatan Kota, Kapas, Kanor, Baureno dan Balen.

Sedangkan 7 desa yang menjadi korban banjir di Kecamatan Kota yakni Kelurahan Ledok Kulon, Jetak, Ledok Wetan, Mulyo Agung, Banjarejo, Campurejo dan Semanding.

Banjir terparah terjadi di Kelurahan Ledak Kulon. Penduduk yang rumahnya terendam banjir telah diungsikan di Gedung Serba Guna Jalan KH Mas Mansyur, milik Pemerintah Bojonegoro.

“Ya, kita tidur di pengungsian,” ujar Amin, warga Ledok Kulon.

Agar banjir tidak semakin meluas, Dinas Pekerjaan Umum dan BPBD Bojonegoro telah menutup 58 pintu air darurat dengan karung berisi pasir. Sedangkan pintu darurat di tanggul sebelah barat dan utara Kota Bojonegoro dijaga oleh aparat kepolisian dan TNI dengan dibantu Linmas.

“Untuk menekan air tidak masuk kota,” ujar Kepala BPBD Bojonegoro Adi Sujarwo.

Terkait warga yang mengungsi, pemerintah Bojonegoro telah membangun dapur umum di sejumah titik di 15 kecamatan yang terendam banjir.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Program Ok Otrip Resmi Dirilis Pemprov DKI

Program Ok Otrip Resmi Dirilis Pemprov DKI

Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemorov) DKI Jakarta menggelar acara soft launching program one karcis one ...