Home > Ragam Berita > Nasional > Menteri Agama Pantau Ormas Yang Bertentangan Dengan Pancasila

Menteri Agama Pantau Ormas Yang Bertentangan Dengan Pancasila

Jakarta – Lukman Hakim Saifuddin selaku Menteri Agama menegaskan apabila saat ini pemerintah berencana menertibkan sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) berbasis agama yang ideologinya bertentangan dengan Pancasila dan konstitusi negara.

Menteri Agama Pantau Ormas Yang Bertentangan Dengan Pancasila

Lukman menuturkan, setiap ormas harus tunduk pada peraturan perundang-undangan yang telah disepakati, yakni Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).

“Di negara indonesia ini tidak boleh ada ormas yang memiliki ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dan konstitusi. Semua ormas harus tunduk pada aturan main bersama yang disepakati bersama,” ujar Lukman seusai Rapat Koordinasi Khusus antisipasi unjuk rasa 2 Desember di Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2016).

Lukman menambahkan, terkait rencana penertiban itu, Kemeterian Agama akan segera memantau dan mendata semua ormas keagamaan.

Tim dari Kemenag juga akan mendalami ideologi ormas-ormas yang ada. Jika ada yang dianggap bertentangan dengan Pancasila, kementerian akan segera menindaklanjutinya.

Sementara itu, ormas yang diketahui tidak berbadan hukum akan diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri serta Kementerian Hukum dan HAM untuk ditindaklanjuti.

Baca juga: Tak Hanya Dari DKI, Dukungan Untuk Ahok Juga Datang Dari Warga Indonesia Timur

“Kemenag punya daftar semua ormas keagamaan. Semuanya terus kami pantau apakah ada ideologi, pemahaman, dan tindakan yang jelas-jelas bertentangan dengan Pancasila,” kata Lukman. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Presiden Bakal Berikan Bantuan Dana untuk Pembangunan Kembali Rumah

Presiden Bakal Berikan Bantuan Dana untuk Pembangunan Kembali Rumah

Pidie Jaya – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan bakal memberikan bantuan untuk para korban gempa ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis