Home > Ragam Berita > Nasional > Inilah 9 Kawasan di Pidie Jaya yang Diguncang Gempa Tektonik

Inilah 9 Kawasan di Pidie Jaya yang Diguncang Gempa Tektonik

Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan telah terjadi gempa di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Bencana alam tersebut terjadi pada Rabu pagi (7/12/2016). Kini mereka meng-update masalah tersebut.

Inilah 9 Kawasan di Pidie Jaya yang Diguncang Gempa Tektonik

Sebelumnya disebutkan kekuatan gempa itu 6,4 SR. Namun kekuatan gempa bumi tektonik itu dirilis kembali dari hasil analissi menjadi 6,5 SR dengan pusat gempa terletak pada 5,25 LU dan 96,24 BT, tepatnya di darat pada jarak 106 Km arah tenggara Kota Banda Aceh, pada kedalaman 15 km.

Hasil analisis peta tingkat guncangan menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan kuat terjadi di sembilan daerah. Yakni Busugan, Meuko Brawang, Pangwa Baroh, Meuko Puue, Tanjong, Meuko Rumpet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh pada skala intensitas III SIG-BMKG (VI MMI).

Baca juga: BMKG Informasikan Terjadi 12 Gempa Susulan

Seluruh wilayah ini diperkirakan berpotensi mengalami dampak gempa bumi berupa kerusakan bangunan. Ini sesuai laporan sementara dari zona gempa bahwa memang menimbulkan kerusakan di berbagai tempat.

Sementara itu, informasi dari PMI Pidie Jaya, 26 warga didapati meninggal dunia, tiga di antaranya masih balita. Petugas BPBD dan instansi lainnya terus berupaya menangani bencana itu. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

SBY Ingin Pastikan Penguasa Tidak Salah Jalan

Jakarta – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akhirnya angkat bicara ke publik ...