Home > Ragam Berita > Nasional > YLBHI Menyebut Jaksa Bakal Kesulitan Membuktikan Kasus Yang Menjerat Ahok

YLBHI Menyebut Jaksa Bakal Kesulitan Membuktikan Kasus Yang Menjerat Ahok

Jakarta – Sidang perkara dugaan penistaan agama dengan tersangka Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bakal diselengarakan Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada 13 Desember 2016. Beberapa dakwaan pun kini sedang disusun jaksa.

YLBHI Menyebut Jaksa Bakal Kesulitan Membuktikan Kasus Yang Menjerat Ahok

Koordinator Bantuan Hukum Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Julius Ibrani menjelaskan, kasus yang menyereta Ahok bakal sulit dibuktikan. Jaksa bakal kerepotan mencari pembuktian dengan pasal 156a yang dijeratkan kepada Ahok. Hal tersebut terjadi lantaran Ahok tidak melanggar hak asasi manusia.

Menurut Julius, dalam pasal tersebut menyatakan perlindungan diberikan kepada orang sebagai subjek, bukan kepada pikiran, keyakinan, atau agama sebagai objek. Sedangkan yang diatur oleh Pasal 156a KUHP ini adalah perlindungan terhadap objek.

“Tidak heran karena historis pasal ini adalah pasal teror dari pemerintah kolonial Belanda terhadap kelompok agama yang dibangun oleh pribumi di masa itu,” kata Julius pada Selasa (6/12/2016).

Sebagaimana diketahui, Ahok diketahui dijerat menggunakan Pasal 156a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dengan ancaman hukuman lima tahun penjara dan Pasal 156 KUHP dengan ancaman hukuman empat tahun penjara. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Sindir SBY, Eks Politisi Demokrat : "Mantan Presiden Kok Masih Suka Mengeluh"

Sindir SBY, Eks Politisi Demokrat : “Mantan Presiden Kok Masih Suka Mengeluh”

Jakarta – Tridianto selaku mantan kader Partai Demokrat, menanggapi cuitan dari mantan presiden RI keenam, ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis