Home > Ragam Berita > Internasional > PPP Tolak Usul Dewan Kehormatan Penyerlenggara Pemilu

PPP Tolak Usul Dewan Kehormatan Penyerlenggara Pemilu

Jakarta – Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie mengusulkan adanya penguatan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang diatur dalam Rancangan Undang-Undang Penyelenggaraan Pemilu. Dalam penguatan itu, Bawaslu mempunyai posisi hukum untuk mengajukan pembubaran partai politik.

PPP Tolak Usul Dewan Kehormatan Penyerlenggara Pemilu

Terkait dengan isu itu, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menolak usulan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu penguatan Badan Pengawas Pemilu tersebut. “Usulan tersebut tidak relevan, karena Bawaslu dihadirkan untuk mengawasi penyelenggaraan pemilu,” kata Wakil Sekretaris Jenderal (Sekjen) PPP, Achmad Baidowi di Jakarta, Kamis (8/12/2016).

Baidowi menjelaskan, bahwa kewenangan pembubaran parpol hanya ada pada Mahkamah Konstitusi (MK). Menurut dia, usulan yang mengizinkan Bawaslu bisa membubarkan parpol hanya akan menambah masalah baru dan berpotensi membuat gaduh demokrasi.

“Bawaslu punya lembaga permanen hingga tingkat provinsi. dan kewenangan pembubaran parpol oleh Bawaslu rawan disalahgunakan,” ujarnya.

Anggota Panitia Khusus RUU Penyelenggaraan Pemilu itu mengingatkan bahwa untuk meningkatkan kinerja Bawaslu, tinggal kewenangannya di tambah dalam konteks pengawasan pemilu.

“Selain itu alokasi anggaran ditambah sehingga fungsi pengawasan bisa maksimal,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pelaku Bom Bunuh Diri di Konser Ariana Grande Diidentifikasi Bernama Salman Abedi

Pelaku Bom Bunuh Diri di Konser Ariana Grande Diidentifikasi Bernama Salman Abedi

Manchester – Pihak kepolisian Inggris telah berhasil mengidentifikasi pelaku serangan bom bunuh diri yang terjadi ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis