Home > Ragam Berita > Nasional > Cak Imin Masukkan ISIS, FPI dan HTI Kedalam Kelompok Ultra Kanan

Cak Imin Masukkan ISIS, FPI dan HTI Kedalam Kelompok Ultra Kanan

Jombang – Muhaimin Iskandar, Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), menyebut jika demokrasi dan kemajuan teknologi turut melahirkan kelahiran kelompok-kelompok ultra kanan di antaranya adalah Front Pembela Islam (FPI) dan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Cak Imin Masukkan ISIS, FPI dan HTI Kedalam Kelompok Ultra Kanan

Hal tersebut dipaparkan oleh sosok yang juga dikenal dengan nama Cak Imin ini dalam acara ‘Halaqoh Ulama Rakyat’ Regional Jawa Timur di Pondok Pesantren Mambaul Maarif, Jombang. Dia menuturkan kemajuan demokrasi dan teknologi informasi selama ini telah melahirkan rasa frustasi dan krisis kemanusiaan.

Cak Imin melanjutkan, hal itu pun berimbas ke Indonesia yakni tak hanya kesejahteraan, namun juga turut melahirkan kelompok ultra kanan. Secara umum, spektrum politik kaum kanan cenderung konservatif dan otoriter.

“Demokrasi Indonesia telah melahirkan kesejahteraan bagi umat Islam, namun juga melahirkan kelompok ultra kanan, dari mulai ISIS, FPI, HTI, MTA sampai menguatnya kelompok liberalisme,” kata Cak Imin seperti dilansir dari Antara, Minggu (18/12/2016).

Front Pembela Islam (FPI) adalah organisasi yang dideklarasikan pada 1998 di Tangerang, dan dikenal dengan aksinya untuk melakukan ‘razia’ tempat-tempat hiburan macam kafe dan diskotik.

Yang terbaru, FPI ikut melakukan aksi demonstrasi melalui Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI pada 4 November lalu. Aksi itu dikenal dengan demo anti Ahok terkait dengan kasus dugaan penistaan agama.

Baca juga: Ratna Sarumpaet Minta Polisi Periksa Salah Satu Petinggi FPI

Sementara itu, Hizbut Tahrir Indonesia masuk pada 1980-an dengan merintis dakwah kampus. Gerakan ini lahir di Palestina dengan tujuan menegakkan kepemimpinan Islam melalui Khilafah Islamiyah. Aksi HTI di antaranya adalah dengan mobilisasi massa dalam jumlah relatif besar. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Alumni 212 Bersiap Gelar Aksi 299 di Gedung DPR

Alumni 212 Bersiap Gelar Aksi 299 di Gedung DPR

Jakarta – Kabar mengenai Aksi turun ke jalan yang akan dilakukan pada Jumat besok akan ...