Home > Ragam Berita > Nasional > Habib Novel Geram Ahok Lontarkan Salam 2 Jari Saat Sidang

Habib Novel Geram Ahok Lontarkan Salam 2 Jari Saat Sidang

Jakarta – Sebelum sidang lanjutan kasus penodaan agama dimulai, terdakwa kasus dugaan penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama sempat memberikan salam dua jari kepada para hadirin di pengadilan. Namun, ternyata maksud salam tersebut bukanlah untuk kampanye, melainkan victory atau tanda kemenangan.

Habib Novel Geram Ahok Lontarkan Salam 2 Jari Saat Sidang

Pria yang akrab disapa Ahok ini seusai sidang akhirnya menghampiri Advokat Cita Tanah Air (ACTA) yang berada di dalam ruang sidang. Dia menjelaskan bahwa ketika itu tidak ada maksud untuk kampanye dengan salam dua jarinya itu, melainkan yang dimaksud adalah tanda kemenangan atau victory.

“Itu victory (bukan salam dua jari),” kata Ahok kepada ACTA di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (27/12).

Terkait dengan hal itu, salah seorang anggota ACTA Novel Chaidir Bamu’min mengaku tidak ingin menerima penjelasan dari mantan Bupati Belitung Timur tersebut. Sebab, menurut Novel, salam dua jari tersebut dilakukannya sebagai aksi kampanye.

“Kita melihat itu sebagai kampanye. Dengan alasan begitu enggak bisa karena itu kan ditujukan kepada umum. Enggak bisa,” tegasnya.

Terkait tentang adanya teguran dari Majelis Hakim saat mengucapkan Allahu Akbar, Habib Novel menegaskan, bahwa itu salah satu bentuk perjuangan. Sebab itu merupakan balasan lantaran Ahok juga sempat berkampanye dengan salam dua jari.

Baca Juga : Pasukan Berani Mati Ajak Ikhwan dan Mujahiddin Kepung Sidang Ahok

“Enggak masalah. Harusnya hakim tegur juga itu begini (sambil 2 jari). Victory menurut paham dia. Menurut paham kita kampanye. Kalau mau ngunjukin tangan itu yang netral. Bisa tangan terkepal, bagaimana. Kalau begini berkepihakan. Saya juga menyatakan keberpihakan saya dengan Allahu Akbar,” tuturnya.

(bimbim – harianindo.com)

x

Check Also

BEM SI Tuding Aparat Bersikap Represif di Demo 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

BEM SI Tuding Aparat Bersikap Represif di Demo 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Jakarta – Aksi demo dalam rangka evaluasi 3 tahun Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, kemarin malam ...