Home > Ragam Berita > Internasional > Kapal Perang Tiongkok Bergerak Menuju Laut Cina Selatan

Kapal Perang Tiongkok Bergerak Menuju Laut Cina Selatan

Beijing – Kapal induk beserta lima kapal perang lain milik Cina memasuki bagian utara Laut Cina Selatan pada Senin (26/12/2016) setelah melewati bagian selatan Taiwan. Hal tersebut diungkapkan Kementerian Pertahanan Taiwan.

Kapal Perang Tiongkok Bergerak Menuju Laut Cina Selatan

Gertakan Cina ini terjadi di tengah ketegangan antara Cina dan Taiwan, menyusul menyusul sambungan telepon dari presiden terpilih AS Donald Trump dengan presiden Taiwan. Hal ini membuat marah Beijing.

Kapal induk Liaoning buatan di masa Soviet itu mengikuti sejumlah latihan sebelumnya, termasuk beberapa di Laut Cina Selatan, namun Cina belum dapat menyamai tingkat operasi kapal induk seperti yang dimiliki AS selama beberapa dasawarsa.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pelayaran kapal Cina itu melewati bagian tenggara dekat Kepulauan Pratas, yang berada di bawah kendali Taiwan, dan mengarah ke arah barat daya.

Armada kapal induk itu sebelumnya melewati titik paling selatan Taiwan sejauh 90 mil laut melalui Selat Bashi, yang menghubungkan Taiwan dengan Filipina.

Baca juga: Sumber Air di Damaskus Tercemar, Gerilyawan Suriah Dijadikan Kambing Hitam

Sementara itu, anggota parlemen dari kubu oposisi Taiwan, Johnny Chiang, mengatakan latihan kapal Liaoning itu merupakan sinyal Cina untuk Amerika Serikat bahwa mereka telah melewati “rangkaian pulau pertama”, wilayah mencakup Kepulauan Ryukyu milik Jepang dan Taiwan.

“Kapal Liaoning kami akan bergerak sesuai dengan hukum kebebasan bernavigasi dan penerbangan seperti yang ditentukan dalam hukum internasional, dan kami berharap semua pihak dapat menghormati hak Cina ini,” katanya dalam pengarahan berita harian. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Hillary Nilai Pernyataan Keras Trump Terhdap Korut Sangat Merugikan

Hillary Nilai Pernyataan Keras Trump Terhdap Korut Sangat Merugikan

Washingaton – Hillary Clinton mengatakan komentar keras Presiden AS Donald Trump terhadap Korea Utara (Korut) ...