Home > Ragam Berita > Nasional > Komisi I DPR : BSN Dibentuk untuk Atasi Perang Siber

Komisi I DPR : BSN Dibentuk untuk Atasi Perang Siber

Jakarta – Badan Siber Nasional (BSN) kini sedang tahap pembentukan. Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto pun telah memasang target, Dia menegaskan, lembaga tersebut harus sudah terbentuk di bulan ini.

Komisi I DPR : BSN Dibentuk untuk Atasi Perang Siber

BSN bakal segera terbentuk

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDIP, Evita Nursanty menilai pembentukan BSN sangat mendesak dilakukan saat ini di tengah maraknya penyalahgunaan akses informasi di media sosial. Namun, tak hanya itu saja, BSN penting dibentuk untuk memerangi perang siber secara global.

“Proxy war itu bisa memanfaatkan apa saja secara khusus dunia siber. Sudah banyak contoh yang terjadi di dunia, termasuk menyerang institusi keuangan, institusi pertahanan, baik yang dilakukan oleh state maupun nonstate. Jadi kita harus aware dengan perkembangan ini,” ujar Evita pada Jumat (6/1/2017).

Politikus PDIP itu menuturkan dunia siber menjadi medan perang yang akan terus terjadi, melihat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin masif. Manusia pun tak bisa dilepaskan dari perkembangan teknologi ini.

Baca juga: Komisi I DPR Minta Militer Indonesia-Australia Saling Menghormati

Di dalam negeri, lanjut Evita dinamika politik bisa terkena dampaknya dari perang siber ini. Dampak ini menurut Evita sangat mematikan jika penyebarluasan dan penggunaan informasi elektronik dan atau dokumen elektronik tidak dikontrol dengan baik.

“Perlu diingat, bangsa kita dengan Pancasila dengan puluhan ribu pulau, berpenduduk 260 juta jiwa, ribuan suku, bahasa dan adat istiadat, beragam agama dan kepercayaan serta kekayaan alam merupakan anugerah yang mempersatukan dan kekuatan kita, tapi akan bisa dirusak oleh pemanfaatan media siber yang tidak tepat,” jelasnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Kabupaten Simeulue di Aceh Digetarkan Gempa Berkekuatan 5 SR

Kabupaten Simeulue di Aceh Digetarkan Gempa Berkekuatan 5 SR

Sabang- Gempa bumi berkekuatan 5 Skala Richter mengguncang Kabupaten Simeulue, Jumat pagi. Badan Meteriologi Klimatologi ...