Home > Ragam Berita > Nasional > Pengamat Politik Nilai Jubir Paslon Belum Berperan Banyak

Pengamat Politik Nilai Jubir Paslon Belum Berperan Banyak

Jakarta – Pengamat Komunikasi Politik Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai, peran juru bicara atau jubir calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta belakangan ini telah berubah. Jika awalnya ditugasi sebagai orang yang menjelaskan program dan visi misi, justru menjadi pembela pasangan calon gubernur.

Pengamat Politik Nilai Jubir Paslon Belum Berperan Banyak

ilustrasi

“Ini kan waktu-waktu krusial, tinggal satu bulanan lagi pemilihan. Menariknya, peran jubir berubah jadi pembela. Bukannya mengkomunikasikan program jagoannya, malah jadi pembela ketika jagoannya lipped tongue,” ujar Hendri, kemarin.

Hendri mengatakan, beberapa jubir berperan menjadi pembela. Dia mencontohkan konsep rumah terapung calon gubernur DKI Jakarta nomor pemilihan satu, Agus Harimurti Yudhoyono yang sempat ramai diperbincangkan di media sosial.

“Seharusnya sebagai jubir kan menjelaskan apa latar belakang Agus bicara konsep rumah terapung itu, contoh di mana konsep itu sudah diwujudkan, konteks Agus bicara seperti itu apa. Ini kan jubirnya membela, bilang apa yang dilakukan Agus sudah baik dan sebagainya,” kata dia.

Diungkapkan Hendri, jubir sebenarnya dapat menepis isu-isu negatif jika mengajak publik untuk berpikir rasional. Caranya adalah dengan menyertakan alasan pasangan calon ketika mereka mengungkapkan sesuatu, sehingga pesannya bisa sampai dan dipahami masyarakat.

Bukan hanya jubir Agus, hal yang sama juga terjadi pada diri jubir calon gubernur lain, Basuki Tjahaja Purnama maupun Anies Baswedan. Kendati begitu, hal ini dinilai wajar oleh Hendri karena jelang waktu pemungutan suara pasangan calon harus menghindari salah bicara.

“Salah ngomong sedikit, dipolitisasi dan disebar ke media sosial. Jadi, seharusnya mulai dikurang-kurangi salah bicaranya, lebih hati-hati lagi,” terang dia.

Seperti diketahui, para paslon ramai-ramai merekrut jubir. Di antaranya dari kalangan artis. Sebut saja, Sophia Latjuba yang ditunjuk sebagai juru bicara pasangan calon incumben Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Syaiful Hidayat. (Tita Yanuantari – harianinido.com)

x

Check Also

Reklamasi Bakal Dihentikan Anies-Sandi, Luhut : Asal Sesuai Aturan

Reklamasi Bakal Dihentikan Anies-Sandi, Luhut : Asal Sesuai Aturan

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mempersilakan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI ...