Home > Ragam Berita > Internasional > Puluhan Orang Tewas Karena Ledakan Truk di Perbatasan Turki-Suriah

Puluhan Orang Tewas Karena Ledakan Truk di Perbatasan Turki-Suriah

Suriah – Sebuah truk tangki bahan bakar meledak di perbatasan Turki dan Suriah. Truk itu meledak di kota yang sibuk dan dikuasai pemberontak. Jumlah korban masih simpang siur dari berbagai sumber.

Puluhan Orang Tewas Karena Ledakan Truk di Perbatasan Turki-Suriah

Ledakan truk yang tewaskan puluhan orang

Insiden itu menewaskan puluhan orang dan melukai puluhan korban lainnya. Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (HAM) mengatakan sedikitnya 43 orang tewas dalam insiden tersebut.

Dilansir Huffington Post pada Minggu (8/1/2017), sebagian besar korban adalah warga sipil yang tewas ketika tangki meledak di depan gedung pengadilan di kota Suriah sebelah utara Azaz. Belasan orang luka-luka. Kantor berita swasta di Turki mengatakan Islamic State (ISIS) diduga menjadi pelaku di balik aksi bom truk tangki.

Kantor berita Anadolu milik pemerintah Turki mengungkapkan setidaknya 60 orang tewas dan lebih dari 50 terluka. Seorang warga Azaz mengatakan kepada Reuters, dia menghitung ada 30 mayat tergeletak.

Perang terjadi hampir enam tahun di Turki dan Azaz adalah kubu utama dari Turki yang didukung Tentara Pembebasan Suriah (FSA). FSA merupakan aliansi kelompok pemberontak moderat, dengan dukungan militer Turki dan mendorong militan ISIS keluar dari daerah perbatasan.

Baca juga: Penembakan Terjadi di Bandara Florida, FBI Diduga Terlibat

Ledakan itu terdengar di seberang perbatasan Turki, kota Kilis. Kantor berita Anadolu mengatakan 23 orang terluka telah dibawa dengan ambulans ke rumah sakit Kilis, namun satu orang meninggal di perjalanan.

Dalam operasi militer selama 24 jam terakhir dengan pemberontak di Suriah utara, militer Turki mengatakan sebanyak 21 militan ISIS telah tewas dalam bentrokan. Pesawat-pesawat tempur Turki menghancurkan 12 bangunan dan kendaraan militan ISIS dalam serangan udara. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Video Orang Tua Berkelahi di Taman Bermain, Anak-Anak Histeris Ketakutan

Video Orang Tua Berkelahi di Taman Bermain, Anak-Anak Histeris Ketakutan

Shenzhen – Orang tua yang seharusnya memberikan contoh kepada anak-anaknya bagaimana mengendalikan diri justru terlibat ...