Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Hati-Hati, Kolesterol Bukan Hanya Disebabkan Makanan

Hati-Hati, Kolesterol Bukan Hanya Disebabkan Makanan

Jakarta – Banyak orang selalu bilang, jangan makan makanan yang digoreng dan daging-dagingan karena tinggi kolesterol. Tak ada yang salah sih, karena kebanyakan makanan yang digoreng, berlemak dan diproses berulang kali seringkali mengandung lemak jenuh yang bisa menyebabkan peningkatan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Hati-Hati, Kolesterol Bukan Hanya Disebabkan Makanan

Seperti juga yang dikatakan Despina Hyde, RDN, CDE, co-founder Carey and Hyde Nutrition sekaligus ahli diet NYU Medical Center, diet adalah hal yang memegang peran penting, tapi ini bukan penyebab utama kenaikan kolesterol. Banyak orang menghindari daging, susu, ikan laut bahkan telur karena takut kolesterol tinggi.

Namun, Telur tidak bahaya, begitu juga seafood. Memang, kuning telur mengandung 186 mg kolesterol, sudah terbukti secara ilmiah. Kenyataannya, menghindari makan telur tak akan langsung menyelesaikan masalah kolesterol. Begitu juga dengan menghindari udang dna berbagai makanan laut bercangkang yang tinggi kolesterol. Justru makanan-makanan ini mengandung protein yang bisa menjaga kesehatan tubuh.

Beberapa faktor lain yang menjadikan kolesterol tinggi adalah gaya hidup yang tak sehat seperti sering merokok, berat badan berlebih, tak pernah olahraga dan minum alkohol. Lebih utama lagi adalah aktif secara fisik. Dengan melakukan olahraga rutin atau menggerakkan badan setiap hari mampu mengurangi risiko kenaikan kolesterol.

Kunci menurunkan kolesterol adalah dengan makan sehat, protein, buah, sayuran, biji-bijian, susu rendah lemak dan membatasi lemak jenuh dan lemak trans. Pilih makanan dengan lemak tak jenuh (lemak sehat) seperti yang ada dalam buah alpukat dan minyak zaitun. Kurangi juga gula dan garam, banyak minum air putih. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Air Kolam Renang Terminum, Adakah Bahayanya ?

Air Kolam Renang Terminum, Adakah Bahayanya ?

Jakarta – Anda harus berusaha agar tidak memasukkan air kolam renang ke dalam mulut. Hal ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis