Home > Ragam Berita > Nasional > 7 Rumah Warga Situbondo Rusak Berat Akibat Longsor

7 Rumah Warga Situbondo Rusak Berat Akibat Longsor

Jakarta – Longsor yang terjadi di Situbondo diakibatkan oleh hujan deras. Sedikitnya 7 rumah warga di Dusun Krajan, Desa Alas Tengah, Jawa Timur rusak berat akibat tertimpa material longsor yang jatuh dari atas tebing setempat.

7 Rumah Warga Situbondo Rusak Berat Akibat Longsor

Longsor Situbondo

Hingga malam tadi, para korban longsor mengungsi ke rumah kerabat atau tetangganya yang dinilai aman. Sebab, dikhawatirkan masih akan terjadi longsor susulan.

“Kejadiannya tadi sore. Berdasarkan laporan dari anggota di lapangan, ada 7 rumah warga yang rusak berat akibat longsor,” kata Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, Sabtu (11/2/2017) malam.

Peristiwa longsor di Desa Alas Tengah terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Saat itu, hujan deras memang mengguyur wilayah tersebut. Diduga karena kondisi tanah yang labil karena terus diguyur hujan, tiba-tiba terjadi longsor dari atas tebing berketinggian sekitar belasan meter, yang lokasinya tak jauh dari pemukiman warga.

Material longsor itu langsung menghantam dan merusak rumah-rumah warga yang ada di bawahnya. Insiden ini sempat membuat warga panik hingga langsung berhamburan keluar rumah. Puriyono mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Sementara dalam kejadian ini dilaporkan tidak ada korban jiwa. Tapi malam ini warga yang rumahnya rusak, mengungsi ke rumah saudara atau tetangga yang aman dari ancaman longsor,” tandas Puriyono.

Berdasarkan data BPBD Situbondo, sebanyak 7 rumah rusak berat itu berada di Dusun Krajan RT 003 RW 001, Desa Alas Tengah, Kecamatan Sumbermalang. Antara lain, milik Latip (25), Sutamar (51), Muhiddin (43), Juno (37), Muhari (77), Mohati (47) dan Srakmi (53).

“Kami juga mengimbau agar warga di daerah pegunungan yang mempunyai resiko tanah longsor untuk lebih waspada. Khususnya selama musim penghujan seperti sekarang,” saran Puriyono.

(bimbim – harianindo.com)

x

Check Also

Paslon Nomor Urut Dua Tidak Akan Gugat Hasil Pilkada ke MK

Paslon Nomor Urut Dua Tidak Akan Gugat Hasil Pilkada ke MK

Jakarta – Pasangan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat dan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis