Home > Ragam Berita > Internasional > Didukung Negara Barat, Suriah Bakal Gempur ISIS di Musim Semi

Didukung Negara Barat, Suriah Bakal Gempur ISIS di Musim Semi

Damaskus – Ibu kota ISIS di Suriah bakal digempur di musim semi tahun ini. Hal tersebut dilakukan otoritas militer Suriah setelah mendapat dukungan dari negara barat. Berdasar informasi, serangan bakal dimulai pada Maret hingga Mei di belahan benua Eropa.

Didukung Negara Barat, Suriah Bakal Gempur ISIS di Musim Semi

ISIS

“Saya berharap bahwa pengepungan selesai pada musim semi, dan gerakan membebaskan Raqqa dimulai setelah itu,” kata Menteri Pertahanan Inggris Michael Fallon sebagaimana diberitakan Reuters pada Minggu (12/2/2017).

Untuk diketahui, Inggris adalah bagian dari sekutu pimpinan AS guna mendukung pasukan memerangi ISIS di Irak dan Suriah.

Sementara itu, Pasukan Demokratik Suriah, yang termasuk petempur kuat YPG Kurdi Suriah, melancarkan gerakan militer di kota Raqqa pada November 2016.

“Raqqa adalah kota jauh lebih kecil dari Mosul, tapi jelas akan dipertahankan dengan sangat keras oleh ISIS. Itu berarti operasi untuk membebaskan Raqqa harus disiapkan dengan sangat hati-hati, sebagaimana operasi di Mosul,” kata Fallon.

Bulan ini diumumkan sebagai awal tahap baru serangan untuk menyelesaikan pengepungan atas kota itu dan memotong jalan ke kubu petempur di Deir al-Zor, sisi tenggara kota Raqqa.

“Saat Raqqa dibebaskan setelah Mosul, kita akan melihat awal dari akhir pemerintahan yang mengerikan ini,” imbuhnya

ISIS berjuang keras mempertahankan pijakannya di Suriah karena kehilangan wilayah di Irak.

Pasukan Irak dan Kurdi yang didukung Amerika Serikat (AS) pada bulan lalu melucuti militan dari sisi timur Mosul, kubu kota terakhir ISIS di Irak, dan sedang menyiapkan serangan pada bagian kota yang terletak di sebelah barat sungai Tigris. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pelaku Bom Bunuh Diri di Brussels Sempat Teriakkan Takbir

Pelaku Bom Bunuh Diri di Brussels Sempat Teriakkan Takbir

Brussels – Aparat keamanan di Brussels, Belgia, menembak mati seorang pria yang hendak melakukan aksi ...