Home > Ragam Berita > Nasional > Inilah Respons Zuhairi Misrawi Terkait Fatwa MUI

Inilah Respons Zuhairi Misrawi Terkait Fatwa MUI

Jakarta – Zuhairi Misrawi adalah seorang intelektual muda Nahdlatul Ulama (NU), Belum lama ini dia melayangkan kritik terhadap fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI). Fatwa tersebut terkait dengan kasus penistaan agama yang melibatkan Basuki Tjahaja Purnama.

Inilah Respons Zuhairi Misrawi Terkait Fatwa MUI

Zuhairi Misrawi

Gus Mis -sapaannya- menegaskan, di Mesir, ulama setempat membolehkan pemimpinnya berasal dari nonmuslim. Bahkan, telah dijadikan fatwa.

“Di Mesir membolehkan pemimpin gubernur dari nonmuslim, itu dari fatwa ulama Mesir Al Azhar,” ujar Zuhairi pada Senin (13/2/2017).

Dia mengaku, seharusnya masyarakat di Jakarta juga bisa membuka matanya. Dalam mencari pemimpin di DKI, lanjut dia, faktor utamanya bukanlah atas kesamaan agama melainkan cara kerja, integritas dan program-program yang sifatnya membangun.

“Ya mestinya karena kita memilih pelayan rakyat bukan karena agama,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum MUI Ma’ruf Amin mengatakan Ahok telah terbukti melakukan penistaan agama dengan mengutip ayat Al Maidah 51. MUI juga meminta aparat penegak hukum proaktif melakukan penegakan hukum secara tegas.

Baca juga: Inilah Kesaksian Ahli Bahasa Terkait Pidato Ahok di Kepulauan Seribu

Sekadar informasi, kasus dugaan penistaan agama ini bermula saat Gubernur DKI Jakarta Ahok dalam kunjungannya ke Kepulauan Seribu mengimbau masyarakat agar tidak terpengaruh dengan politisasi ayat suci Alquran menggunakan Surat Al Maidah ayat 51.

Dalam ayat tersebut adalah mengharuskan umat Islam tidak memilih pemimpin non muslim. (Tita Yanuantari ‚Äď harianindo.com)

x

Check Also

Anies-Sandi Mendapat Dukungan Dari Pedagang Bubur Rokok Indomie

Anies-Sandi Mendapat Dukungan Dari Pedagang Bubur Rokok Indomie

Jakarta – Dukungan kembali didapatkan oleh Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis