Home > Ragam Berita > Nasional > Emirysah Tidak Berikan Tanggapan kepada Media saat Diperiksa sebagai Tersangka

Emirysah Tidak Berikan Tanggapan kepada Media saat Diperiksa sebagai Tersangka

Jakarta – Mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar telah terjerat kasus dugaan korupsi. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pun melayangkan panggilan untuk melakukan pemeriksaan. Sebagaimana diketahui, dia diperiksa dalam kasus dugaan suap pengadaan pesawat dan mesin pesawat Airbus A330-300 untuk Garuda Indonesia.

Emirysah Tidak Berikan Tanggapan kepada Media saat Diperiksa sebagai Tersangka

Mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar

Berdasarkan pantuan, Emirsyah tiba di Gedung KPK pukul 09.00 WIB dengan mengenakan kemeja lengan panjang. Setelah itu, ia langsung masuk ke ruang tunggu tanpa mengucapkan sepatah kata pun kepada awak media.

Juru Bicara KPK, Febri Dianysah mengatakan bahwa Emirsyah diperiksa dalam kapasitasnya sebagai tersangka kasus pengadaan pesawat dan mesin pesawat di perusahaan yang pernah dipimpinnya tersebut. “Yang bersangkutan diperiksa sebagai tersangka,” kata Febri saat dikonfirmasi, Jumat (17/2/2017).

Sekadar diketahui, penyelidikan kasus ini sudah dilakukan sejak tahun 2016. Pada awal tahun ini, KPK baru berhasil mengumpulkan sejumlah bukti untuk menetapkan tersangka dalam kasus suap pengadaan pesawat dan mesin pesawat A330-300 dari Airbus SAS serta Rolls-Royce PLC untuk PT Garuda Indonesia.

Baca juga: DPR Respons Santai Isu Peretasan Website KPU

Emirsyah sendiri diduga menerima sejumlah uang dari Beneficial Owner Connaught Intenational Pte. Ltd, Soetikno Soedarjo yang juga diduga sebagai perantara pihak Rolls-Royce di Indonesia. Suap tersebut diberikan dalam bentuk uang dan barang.

Dari pengembangan sementara, Emirsyah menerima uang sebesar 1,2 juta Euro dan USD180 ribu atau setara Rp20 miliar. Sementara itu dalam bentuk barang yang diterima Emirsyah senilai USD2 juta, yang tersebar di Singapura dan Indonesia. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Reklamasi Bakal Dihentikan Anies-Sandi, Luhut : Asal Sesuai Aturan

Reklamasi Bakal Dihentikan Anies-Sandi, Luhut : Asal Sesuai Aturan

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mempersilakan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI ...