Home > Ragam Berita > Nasional > Choel Ajukan Diri sebagai Justice Collaborator ke KPK

Choel Ajukan Diri sebagai Justice Collaborator ke KPK

Jakarta – Salah satu tersangka korupsi Hambalang Andi Zulkarnaen Mallarangeng (Choel Mallarangeng) menyatakan siap membongkar bukti keterlibatan tersangka lain yang belum terungkap di kasus itu. Dia pun mengajukan diri menjadi Justice Collaborator ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),

Choel Ajukan Diri sebagai Justice Collaborator ke KPK

KPK

Dia berjanji membeberkan banyak bukti lain, yang belum tersentuh KPK, terkait korupsi pembangunan Pusat Pelatihan Pendidikan dan Sekolah Olahraga Nasional (P2SON) di Hambalang tahun anggaran 2010-2012.

“Saya kira Anda (wartawan) sudah mengikuti Hambalang 5 tahun kan ya? Sudah tahu daftar-daftar siapa nama di dakwaan, bukti yang sudah terbuka di persidangan sudah jelas,” kata Choel pada Sabtu (25/2/2017).

“Jumlah orangnya tergantung KPK, saya kira Anda sudah tahu semua siapa itu, saya siap bongkar,” tambahnya.

Choel sudah ditahan KPK sejak 6 Februari 2017. Dia pun sudah mengajukan diri sebagai Justice Collaborator, yaitu saksi pelaku yang bekerja sama dengan penyidik untuk membongkar keterlibatan pihak lain, sejak akhir 2016 lalu.

Baca juga: RUU Terorisme Terancam Tidak Akan Rampung Sesuai Target

Dua hari lalu, Juru Bicara KPK, Febri Diansyah menyatakan Komisi Anti-rasuah akan menjadikan Choel sebagai Justice Collaborator asal ia bersedia menunjukkan dalang dan tersangka utama korupsi Hambalang yang bukti-bukti keterlibatannya belum tersentuh KPK.

Menurut Febri, keputusan KPK akan sangat bergantung pada kualitas bukti-bukti baru yang akan disodorkan oleh Choel.

KPK menetapkan Choel Mallarangeng sebagai tersangka korupsi Hambalang pada (16/12/2015) lalu. Ia diduga melakukan perbuatan melawan hukum dan menyalahgunakan wewenang untuk memperkaya diri sendiri atau orang lain atau korporasi, yang merugikan negara, di kasus Hambalang. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Inilah Foto Penampakan Bom Panci yang Digunakan oleh Pelaku di Bandung

Inilah Foto Penampakan Bom Panci yang Digunakan oleh Pelaku di Bandung

Bandung – Pelaku bom panci di Cecendo Bandung berhasil diringkus pihak berwajib. Saat penangkapan berlangsung, ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis