Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Lawan Penuaan Dengan Mengonsumsi Makanan Ini

Lawan Penuaan Dengan Mengonsumsi Makanan Ini

Jakarta – Proses penuaan secara umum akan dimulai ketika dirinya menginjak usia 30 tahun. Sistem imun serta kebugaran seseorang mulai menurun. Tanda-tanda penuaan lantas mulai tampak di wajah dan kulit.

Lawan Penuaan Dengan Mengonsumsi Makanan Ini

Makanan Anti-Aging

Penuaan pasti akan dialami siapapun. Namun, prosesnya bisa diperlambat. Caranya, dengan mengadopsi pola hidup sehat. Misalnya, dengan memilih makanan yang tepat.

Berikut empat makanan yang sebaiknya dikonsumsi orang yang berusia 30 tahun ke atas seperti dilansir dari metrotvnews.com, Minggu (16/4/2017):

1. Makanan kaya zat besi

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan tubuh lemah dan mengurangi pembentukan darah dalam tubuh. Untuk mencegah kelelahan, anemia, rambut rontok, serta sakit kepala, disarankan mengonsumsi makanan kaya zat besi. Anda bisa mendapatkannya dari sayuran hijau seperti bayam, asparagus, kacang-kacangan, hati, dan ikan tuna.

2. Buah

Buah mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin dan serat. Jangan lupa sertakan buah-buahan seperti pepaya, stroberi, jeruk, dan cranberi dalam menu sehari-hari.

3. Kalsium

Kalsium dapat diperoleh dari makanan yang mengandung vitamin D dan magnesium. Setelah usia 30 tahun, karbohidrat dan lemak baik akan melindungi tubuh dari penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Untuk mendapatkan manfaat kalsium, Anda sebaiknya mengonsumsi susu rendah lemak, bayam, ikan salmon, tuna, keju rendah lemak, dan telur.

4. Lemak

Untuk Anda yang berusia lebih dari 30 tahun sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tunggal, karena lemak ini dapat melindungi diri dari penyakti jantung, menurunkan gula darah, dan tekanan darah tinggi. Lemak sehat juga meningkatkan pembentukan sel darah dan sirkulasi darah dalam tubuh.

Makanan yang mengandung lemak sehat beberapa di antaranya almond, kacang mete, daging sapi, oatmeal, pasta, roti cokelat, kenari, wijen, dan biji labu. Dalam mengolahnya, gunakan minyak nabati, seperti minyak zaitun.

Baca juga: Waspadai Tanda Usus Anda Mengalami Kebocoran

Selain mengonsumsi makanan tersebut, Anda juga mesti menjalani pola hidup sehat supaya tubuh semakin prima. Jauhi rokok dan minuman beralkohol, perbanyak minum air putih, dan rutin olahraga. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Tips Terhindar dari Dehidrasi Saat Puasa Ramadhan

Tips Terhindar dari Dehidrasi Saat Puasa Ramadhan

Jakarta – Kaum Muslimin diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh pada bulan suci Ramadhan. Waktu berpuasa ...