Home > Ragam Berita > Nasional > Kuasa Hukum Ahok Pertanyakan Maksud JPU Terkait Golongan

Kuasa Hukum Ahok Pertanyakan Maksud JPU Terkait Golongan

Jakarta – Sidang pembacaan pleidoi dengan terdakwa kasus dugaan penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok telah berlangsung. Tim kuasa hukum Ahok pun sempat bertanya terkait dengan golongan yang dimaksud Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Kuasa Hukum Ahok Pertanyakan Maksud JPU Terkait Golongan

Sidang Ahok

Sebelumnya, JPU menilai Ahok telah melanggar alternatif pasal 156 KUHP. “Golongan kan ada tiga. Nah, golongan yang dimaksud JPU yang mana? Sebab, Jaksa hanya mengenakan pasal 156 KUHP terkait dengan golongan,” ujar salah satu penasihat hukum Ahok, Sirra Prayuna, pada Selasa (25/4/2017).

Menurut dia, pernyataan Ahok tentang golongan merujuk kepada kelompok elite politik. Hal tersebut tidak terkait dengan golongan agama. “Dengan demikian, yang diungkapkan JPU ini jelas tidak tepat,” jelas Sirra.

Sementara itu, menanggapi hal tersebut, Ketua tim JPU, Ali Mukartono menegaskan dalam Undang-undang (UU), golongan yang dimaksud sudah termasuk agama Islam. Dengan demikian, golongan yang dimasukkan dalam tuntutan JPU sudah jelas maksud dan tujuannya.

“Berdasar UU, Islam sudah masuk dalam golongan Agama. Jadi, tidak perlu menjabarkan Islam itu FPI atau sebagainya,” ujar Ali. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Anies-Sandi Punya Sistem Baru Untuk Pengaduan Warga

Anies-Sandi Punya Sistem Baru Untuk Pengaduan Warga

Jakarta – Saat mengunjungi Kecamatan Gambir, Sandiaga Uno terlihat sibuk memantau program baru terkait sistem ...