Home > Gaya Hidup > Tips > Inilah Beberapa Manfaat Tidur Berkualitas untuk Tubuh

Inilah Beberapa Manfaat Tidur Berkualitas untuk Tubuh

Jakarta – Padatnya aktivitas terkadang membuat kita harus memangkas waktu tidur jadi lebih singkat. Bahkan janji untuk ‘membayar’ waktu tidur di akhir pekan pun sulit terealisasikan.

Inilah Beberapa Manfaat Tidur Berkualitas untuk Tubuh

Tidur Berkualitas

Bisa jadi karena padatnya pekerjaan, mengurus rumah, keluarga, atau malah keasyikan nonton Netflix dan drama Korea juga bisa (iya, itu bisa bikin ketagihan!). Padahal tidur merupakan salah satu aktivitas penting yang sangat diperlukan tubuh.

Tidak hanya membuat wajah jadi lebih fresh dan rasa lelah hilang, ada beragam manfaat luar biasa lainnya yang bisa dirasakan kalau kamu mendapat cukup tidur yang berkualitas.

Meningkatkan Imun Tubuh
Studi yang dilakukan Medicine Sleep Center Amerika telah membuktikan bahwa tidur yang cukup membuat sistem imun berfungsi maksimal sehingga tubuh kamu tidak rentan sakit. Jadi mulai sekarang coba yuk mulai melakukan manajemen waktu yang lebih rapi agar jam tidur tidak terganggu.

Bantu Menurunkan Berat Badan
Banyak orang yang mengaitkan diet yang sukses dengan pola makan dan olahraga. Padahal ada aktivitas lain yang dapat mendukung program diet kamu jadi lebih efektif loh, yaitu tidur. Sebuah penelitian menunjukan orang yang tidur kurang dari 7 jam sehari cenderung lebih mudah mengalami kegemukan.

Umur Panjang
Kamu ingin hidup lebih berkualitas dan berumur panjang? Coba mulai perhatikan kualitas tidur kamu. Karena tidur yang cukup dan berkualitas dapat memberi efek luar biasa pada kondisi tubuh kamu. Sebaliknya, tidur yang kurang dapat memperburuk tekanan darah dan kolesterol di mana kedua hal ini akan menyebabkan risiko terhadap penyakit jantung.

Meningkatkan Konsentrasi
Berkualitas atau tidaknya tidur seseorang akan berpengaruh pada kinerja otak. Jadi jangan heran kalau kamu merasa kurang fokus dan sulit mengambil keputusan saat kurang tidur. Tidur yang cukup mampu meningkatkan daya ingat sekaligus fungsi kognitif otak kamu.

Mengurangi Stres
Tidur yang cukup dan berkualitas dapat membangkitkan mood seseorang jadi lebih baik dan menjaga tingkat emosional. Hal berbeda tentu akan terjadi saat seseorang mengalami kurang tidur, karena tidur sangat berpengaruh pada senyawa di tubuh, salah satunya serotonin.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Cara Simpel untuk Usir Nyamuk dengan Serai

Inilah Cara Simpel untuk Usir Nyamuk dengan Serai

Jakarta – Musim penghujan merupakan musim kawin bagi hewan yang sangat mengganggu, nyamuk. Apabila kita ...