Home > Ragam Berita > Nasional > Amien Rais Nilai Tuntutan kepada Ahok Sangat Aneh

Amien Rais Nilai Tuntutan kepada Ahok Sangat Aneh

Jakarta – Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah menjatuhkan tuntutan kepada kasus terdakwa dugaan penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Namun, tuntutan tersebut dinilai sangat ringan. Mantan Ketua MPR RI Amien Rais menilai tuntutan satu tahun penjara dan dua tahun masa percobaan itu sangat aneh.

Amien Rais Nilai Tuntutan kepada Ahok Sangat Aneh mien Rais Sudah Mengonfirmasi Bakal Hadir"

Amien Rais

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu menjelaskan, karena tuntutan itu, JPU tampak melakukan pembelaan kepada terdakwa. Sebab, Ahok dijerat dengan Pasal. Yakni, pasal 156a KUHP tentang Penistaan Agama dan 156 KUHP.

“Jadi ada keanehan Jaksa Penuntut Umum malah membela terdakwa itu luar biasa,” ujar Amien di Kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (28/4/2017).

Karena itu, Amien sangat mengkhawatirkan bila Negara Indonesia dinilai sebagai negara tanpa hukum. Alasannya, terjadi ketimpangan dalam menentukan hukuman.

“Jadi, kalau ini dibiarkan negara kita jadi Lawless Country. Yang kecil dihukum berat yang besar ditutupi,” kata Amien.

Tak hanya itu, Amien menekankan dalam sidang putusan nanti, Majelis Hakim harus mendengarkan aspirasi masyarakat dan menegakkan keadilan di mata hukum.

“Saya berharap Hakim itu pakai Nurani tegakkan keadilan yang betul-betul tidak menohok tidak melukai dan mencederai perasaan keadilan masyarakat,” tutup Amien. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Hakim Bacakan Vonis Setya Novanto Hari Ini

Hakim Bacakan Vonis Setya Novanto Hari Ini

Jakarta – Sidang kasus korupsi dana proyek pengadaan e-KTP yang melibatkan mantan Ketua DPR Setya ...