Home > Ragam Berita > Nasional > Jokowi Gandeng KPK Untuk Mengawal Penggunaan Dana Desa

Jokowi Gandeng KPK Untuk Mengawal Penggunaan Dana Desa

Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali memberikan imbauan untuk lebih waspada dan berhati-hati dalam menggunakan dana desa. Dana yang dikucurkan ke setiap desa tersebut jumlahnya sangat besar dan bisa berpotensi diselewengkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Jokowi Gandeng KPK Untuk Mengawal Penggunaan Dana Desa

Presiden Joko Widodo

Jokowi juga menyatakan bahwa tidak akan ragu menindak tegas mereka yang berani menyelewengkan dana desa tersebut. Bahkan, Jokowi mengajak KPK ketika meninjau hasil pembangunan dari dana desa tersebut.

“Saya nanti ke desa bapak-bapak tidak sendirian lho. Saya bawa KPK,” ujar Jokowi di hadapan para kepala daerah di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Anggaran untuk dana desa setiap tahunnya memang semakin melonjak. Pemerintah mengucurkan dana Rp 20 triliun pada 2015, naik menjadi Rp 47 triliun pada 2016, dan akan terus naik menjadi Rp 60 triliun pada 2017. Oleh sebab itu, Jokowi selalu mengingatkan pengelolaan terhadap dana desa ini harus hati-hati.

“Saya titip Rp 60 triliun, itu bukan uang sedikit. Bisa menjadikan desa kita baik, tapi juga bisa menjadikan kepala desa itu menjadi tersangka kalau tidak baik cara-cara pengelolaannya,” kata Jokowi.

Oleh sebab itu, Jokowi menegaskan bahwa penggunaan dana desa tersebut harus melibatkan seluruh warga dan transparan. Setiap warga berhak tahu jumlah dana yang diterima desa mereka dan digunakan untuk apa.

Mantan Walikota Solo tersebut telah seringkali berkunjung ke desa dan menanyakan perkembangan dana desa yang digunakan di tempat mereka tinggal. Hanya saja, masih banyak dari mereka tidak tahu tentang dana desa.

Baca Juga : Presiden Jokowi Meminta Petinggi KPK Untuk Duduk Paling Depan Dalam Rapat Koordinasi Nasional

“Saya harapkan aparat kita awasi, dana-dana anggaran-anggaran, tidak hanya dana desa, seluruh anggaran yang sudah kita keluarkan di APBN kita, di APBD kita sehingga betul-betul bermanfaat bagi rakyat,” pungkas Jokowi.

(bimbim – harianindo.com)

x

Check Also

Sempat Diresmikan, Bagaimana Nasib OK OCE Mart Sekarang ?

Sempat Diresmikan, Bagaimana Nasib OK OCE Mart Sekarang ?

Jakarta – OK OCE Mart pertama kali di Jakarta berada di Jalan Cikajang, Jakarta Selatan, ...