Home > Ragam Berita > Nasional > Hakim Tolak Praperadilan Miryam, Apa Alasannya ?

Hakim Tolak Praperadilan Miryam, Apa Alasannya ?

Jakarta – Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memutuskan menolak gugatan praperadilan yang diajukan Miryam S Haryani terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), karena menjadikannya tersangka kasus memberikan keterangan palsu terkait korupsi e-KTP.

Hakim Tolak Praperadilan Miryam, Apa Alasannya ?

Hakim tunggal Asiadi Sembiring yang memimpin sidang praperadilan tersebut dalam amar putusannya menyatakan, KPK memiliki kewenangan menyidik, sehingga keputusan menjadikan mantan anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Hanura itu sebagai tersangka sah secara hukum.

Menurut Asiadi, KPK tak melawan hukum menetapkan Miryam sebagai tersangka karena diduga melanggar Pasal 22 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Karena KPK berwenang menggunakan pasal itu untuk menyidik.

Pasal itu, kata hakim, masuk dalam BAB III UU Tipikor yang mengatur tentang tindak pidana lain yang berkaitan dengan tipikor. Asiadi menjelaskan, sesuai Pasal 1 Ayat 1 UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK bahwa, tindak pidana korupsi adalah tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam UU Nomor 31 Tahun 1999. Karena itu, Pasal 22 yang dikenakan kepada Miryam termasuk kategori tipikor yang jadi kewenangan KPK.

“Maka termohon (KPK) miliki kewenangan melakukan penyidikan,” kata Asiadi dalam amar putusannya, Selasa (23/5/2017).

Baca juga: Amien Rais Nilai Reklamasi Teluk Jakarta Tidak Berfaedah untuk Rakyat

Hakim Asiadi pun memutuskan menolak keseluruhan gugatan praperadilan terhadap KPK yang dimohon Miryam, sehingga penetapan tersangka kepada politikus Partai Hanura dinyatakan sah secara hukum.

Sebagaimana diketahui, Miryam mengajukan gugatan praperadilan karena menganggap penetapannya sebagai tersangka oleh KPK tak sesuai prosedur. Ia menilai bahwa mekanisme pengusutan kasus dugaan keterangan palsu terhadap Miryam, mengacu pada Pasal 174 KUHAP. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Nek Mimi Mengaku Hanya Diminta Anies Untuk Sabar

Nek Mimi Mengaku Hanya Diminta Anies Untuk Sabar

Jakarta – Untuk para penghuni Rusun Daan Mogot, pasti tak asing dengan nama Nek Mimi. ...