Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Manfaat Alkohol Selain untuk Luka

Manfaat Alkohol Selain untuk Luka

Jakarta – Alkohol selama ini dianggap hanya berguna untuk membersihkan luga agar tidak terinfeksi. Kegunaan lainnya mungkin untuk membersihkan kulit berminyak.

Manfaat Alkohol Selain untuk Luka

Alkohol untuk Luka

Namun tahukah Anda ternyata ada eberapa manfaat lain dari alkohol yang mungkin tidak kita ketahui.

Alkohol tak hanya bisa digunakan sebagai disinfektan. Seperti dilansir dari India Times, Kamis (25/5/2017), terdapat banyak manfaat lain dari alkhohol yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Mengatasi gigitan nyamuk

Oleskan otau gosokkan alkohol pada bekas gigitan nyamuk dan rasa gatal pun langsung lenyap.

2. Mengatasi sengatan serangga
Alkohol juga mampu meredakan rasa sakit akibat sengatan serangga dan mencegah racunnya tersebar.

3. Meredakan nyeri otot
Gosokkan kapas atau kain yang sudah diberi alkohol ke sekitar otot atau persendian yang nyeri dan rasa sakit serta pembengkakan akan reda. Menurut Columbian Online Encyclopedia, alkohol mengiritasi kulit dan meningkatkan aliran darah di sekitar area yang dioleskan cairan tersebut sehingga mampu mengurangi rasa sakit.

4. Membersihkan tangan
Bila tak ada persediaan pembersih tangan di rumah, alkohol bisa digunakan sebagai pengganti. Caranya, campurkan ¼ cangkir gel lidah buaya, ½ sendok teh gliserin, dan satu sendok makan alkohol dalam mangkuk kecil. Tambahkan 10 tetes minyak kayu manis atau kayu putih.

5. Mengusir serangga
American Pest Control menganjurkan untuk mengisi botol semprot dengan alkohol dan semprotkan ke kasur dan tempat tidur. Alkohol mampu membunuh serangga seperti kutu busuk yang sering bersarang di tempat tidur dan mematikan telurnya. Pastikan untuk tidur setelah bau alkohol hilang.

6. Membunuh belatung
Tak usah khawatir bila menemukan ada belatung atau lalat kecil pada buah. Masukkan alkohol ke dalam botol semprot dan semprotkan ke arah penganggu itu. Mereka pun akan mati.

7. Mengusir bau sepatu
Sebelum disemprotkan alkohol, sepatu harus dalam keadaan kering. Setelah disemprot, keringkan sepatu dan bau tak sedap pun pergi.

Baca juga: Berikut Manfaat Mandi Pagi dengan Air Dingin

8. Melenyapkan noda
Alkohol juga bisa melenyapkan noda pada pakaian, termasuk noda tinta. Selain digosokkan, alkohol juga bisa digunakan untuk merendam pakaian yang terkena noda sebelum dicuci. (Yayan – harianindo.com)

x

Check Also

Tubuh Dapat Tetap Membakar Lemak Saat Tidur, Ikuti Empat Langkah Ini

Tubuh Dapat Tetap Membakar Lemak Saat Tidur, Ikuti Empat Langkah Ini

Jakarta – Tidur berkualitas yang cukup sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengganti sel-sel yang rusak ...