Home > Ragam Berita > Nasional > MUI Kritik Sikap JPU Kasus Ahok yang Belum Cabut Permohonan Banding

MUI Kritik Sikap JPU Kasus Ahok yang Belum Cabut Permohonan Banding

Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengkritisi sikap Jaksa Penuntut Umum (JPU) kasus penistaan agama yang hingga kini berkukuh belum mencabut permohonan banding. Padahal, terpidana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok melalui keluargaya sudah mencabut upaya perlawanan hukum itu.

MUI Kritik Sikap JPU Kasus Ahok yang Belum Cabut Permohonan Banding

Ahok

“Sikap jaksa yang tetap banding, sementara terpidana sudah melepaskan haknya untuk tidak mengajukan upaya hukum banding itu menjadi sia-sia,” kata Wakil Ketua Komisi Hukum dan Perundang-undangan MUI, Ikhsan Abdullah pada Jumat (26/5/2017).

Menurut dia, banding dalam putusan pidana biasa adalah hak yang melekat pada diri terdakwa. Ketika terdakwa sudah melepas haknya untuk tidak mengajukan banding, maka putusan hakim menjadi inkrah atau berkekuatan hukum tetap.

“Dan tidak bisa dilakukan lagi upaya hukum oleh JPU, karena JPU itu dapat mengajukan upaya hukum berupa kasasi hanya terhadap putusan bebas,” ucap kandidat doktor Ilmu Hukum Universitas Negeri Jember itu.

Baca juga: Pasca OTT, KPK Menyegel Ruangan Pejabat BPK

Sekalipun Pasal 67 KUHAP menyebutkan jaksa dapat mengajukan banding terhadap putusan pengadilan tingkat pertama, akan tetapi jaksa tidak lazim mengajukan banding terhadap putusan hakim yang dijatuhkan lebih berat dari tuntutan jaksa.

Karena itu, dia menilai kewajiban dan kewenangan JPU adalah melakukan penuntutan pidana terhadap pelaku tindak pidana. Sebagai wakil negara, jaksa seharusnya menuntut terdakwa dan membuktikan tuntutannya.

Sebab, dalam peradilan pidana jaksa adalah wakil negara dan masyarakat demi kepentingan hukum untuk melakukan penuntutan kepada pelaku tindak pidana, agar hukum tegak dan dipatuhi. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pedagang Ini Mengadu Ke Anies Karena Tak Diizinkan Jualan di Trotoar

Pedagang Ini Mengadu Ke Anies Karena Tak Diizinkan Jualan di Trotoar

Jakarta – Mengaku bernama Ridwan, seorang yang berprofesi sebagai pedagang ini mengadu kepada Anies Baswedan ...